Luffy akhirnya berhasil membalikan situasi saat ini dalam pertarungannya melawan Kaido. Semua hal itu berkat Luffy yang berhasil membangkitkan Advanced Conqueror Haki miliknya. Hal ini tentu semakin meningkatkan peluang Luffy untuk menang melawan Kaido dan memenangkan pertarungan di Onigashima. Tidak diragukan lagi, Luffy adalah seorang penakluk di New World.

Secara tema dan secara fisik, Luffy memang mampu untuk bisa menggunakan Advanced conqueror Haki. Namun, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pertama, kemampuan Luffy dalam “menguasai” conqueror Haki sebenarnya sudah ditunjukan kepada para fans oleh Oda Sensei. Dalam salah satu kolom SBS, Oda menjelaskan bahwa Luffy memang menguasai Conqueror haki. Sedangkan Zoro menguasai Armament Haki dan Sanji menguasai Observation Haki.

Jika Geeks perhatikan, semenjak pertama kali Luffy dan kelompok Topi Jerami tiba di New World, luffy sudah secara konsisten membangun prestis sebagai sosok bajak laut yang sangat berpengaruh dan juga kuat. Dan yang luar biasanya, semuanya terjadi dalam waktu yang singkat. Luffy memulai hal tersebut dengan mengklaim atau mengakui bahwa pulau manusia ikan sebagai teritori miliknya.

ODA ENTHÜLLT DIE BESONDEREN HAKI-ARTEN DES MONSTER-TRIOS!!! - One PiecePadahal, pulau manusia ikan merupakan teritori milik Big mom. Hal ini seolah menjadi awal mula Luffy membentangkan namanya di New World. Setelah itu, Luffy mulai membentuk aliansi bersama Law untuk mengalahkan salah satu Yonko, yang tidak lain adalah Kaido. Arc Punk Hazard dan Dressrosa menjadi jembatan dari mereka berdua dalam upaya untuk mengalahkan Kaido.

Setelah itu kita kemudian melihat arc Whole Cake Island dimana Luffy secara tegas dan terang-terang menyatakan perang terhadap kelompok bajak laut Big Mom, yang mana kemudian hal itu membuat surat kabar Morgans mendeklarasikannya sebagai kaisar lautan kelima. Sekarang, di Wano, Luffy diperlihatkan berhasil dikalahkan oleh Kaido di awal cerita dengan Thunder Bagua.

Luffy kemudian menjadi tahanan di penjara tambang Udon, dimana Luffy bukan hanya mempelajari tentang aliran haki tapi juga mempengaruhi dan memotivasi para tahanan lainnya. dalam chapter 949, Luffy benar-benar membangun dirinya di mata para penduduk Wano dan para samurai. Ini dianggap sebagai momen penting dimana Luffy sudah mulai membangun dirinya ke level yang lain, untuk menjadi seorang penguasa atau penakluk.

Wamiq on Twitter: "What's more, Ace asked Luffy to deliver his last words to Marco and the crew. Luffy was in no state or shape to be able to that. Oda isMelihat dari arc sebelumnya, Luffy tidak pernah dengan sengaja menyemangati atau memotivasi orang lain untuk berada di pihaknya. Mereka justru dengan sukarela dan kesadaran mereka sendiri mau berada di pihak Luffy. Namun, saat di penjara Udon diperlihatkan bagaimana luffy mampu untuk relate dengan para tahanan lainnya yang pernah dikalahkan atau dilumpuhkan oleh Kaido.

Cara Luffy untuk membangun hubungan dengan para tahanan tersebut seolah menjadi cerminan lain dari kualitas Luffy sebagai seorang penakluk. Saat ini, Luffy setidaknya sudah memahami mengenai konsep tentang mengendalikan aliran dari Conqueror Haki miliknya. Konsepnya sendiri kemungkinan bukan hanya diperlihatkan ketika Luffy berlatih di penjara Udon, tapi juga diperlihatkan melalui sikap Luffy sebagai sosok penakluk di sepanjang New World.

Wano diyakini adalah arc dimana Luffy akan benar-benar mengukuhkan nilainya dan posisinya sebagai seorang kaisar lautan. Luffy belajar untuk fokus dengan Conqueror Haki yang kemudian melapisi tubuhnya adalah sebuah paralel dari apa yang dia perlihatkan sebagai sosok penakluk di penjara Udon. Jadi, dibandingkan dengan memaksa Conqueror Haki miliknya dipaksakan untuk bisa mempengaruhi yang lain, Luffy menggunakan cara dan pendekatan yang lain dari Conqueror Haki miliknya.

Monster Bullet ( OP Stampede ) vs Julius Novachrono - Battles - Comic VineBisa jadi, inilah mengapa Oda menyebutkan bahwa Conqueror Haki adalah keahlian dari Luffy. Dan sekarang Luffy mampu menghadapi Kaido, bahkan mengalahkannya. Pertarungan ini menjadi bukti bahwa luffy dan Kaido adalah sama-sama seorang penakluk atau penguasa. Juga, dari sudut pandang Haki, semua level lanjut atau Advanced dari berbagai jenis Haki memiliki kemiripan.

Advanced Observation Haki mengharuskan Luffy untuk tenang dan peka, Advanced Armament Haki mengharuskan Luffy untuk memfokuskan aliran haki ke seluruh tubuh, dan Advanced Conqueror Haki mengharuskan Luffy untuk fokus terhadap aliran pengendalian Hakinya. Semua itu diyakini saling terkoneksi yang membuat Luffy menjadi sosok kaisar, penguasa, atau penakluk yang hebat.

Semua hal yang dilakukan oleh Luffy terkait Hakinya, mulai menunjukan hasil dimana Luffy menguasai level tertinggi Conqueror Haki. Setiap kali Luffy menerima atau terkena serangan dahsyat yang dilakukan Kaido, Luffy semakin mengerti bagaimana mekanisme dari Conqueror Haki. Luffy memang sudah ditakdirkan untuk menjadi seorang penakluk atau penguasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.