One Piece dikenal sebagai seri yang menghadirkan banyak hal menarik dalam ceritanya. Dimulai dari buah iblis, buah yang mampu memberikan kekuatan dahsyat kepada merekay ang memakannya, sampai teknik Haki. One Piece sendiri bercerita tentang Monkey D. Luffy yang bercita-cita untuk berpetualang ke seluruh lautan dan menjadi raja bajak laut.

Dengan setting laut, wajar jika banyak tempat di cerita One Piece merupakan pulau. Dan biasanya pulau-pulau tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Luffy dan kelompok Topi Jerami sendiri siudah banyak mengunjungi pulau di Grand Line dan New World. Selain unik, ada juga pulau-pulau yang memang menghadirkan nilai eksotis di dalamnya. Berikut adalah deretan pulau yang memiliki nilai estetik tinggi.

Thriller Bark

Setelah berhasil menyelamatkan Robinm di Enies Lobby, kru Topi Jerami kemudian menentukan tujuan mereka selanjutnya yaitu pulau duyung. Namun, sebelum kemudian mereka menuju ke sana, mereka harus melewati sebuah wilayah misterius di lautan yang disebut Florian Triangle. Di wilayah tersebut, para bajak laut hampir tidak bisa melihat apa pun karena tertutupi kabut tebal.

Dan di wilayah tersebut mereka menemukan sebuah “pulau” yang bernama Thriller Bark. Sebenarnya, Thriller Bark merupakan sebuah pulau yang berada di atas kapal besar. Oda Sensei sendiri sudah mengonfirmasi bahwa film Nightmare Before Christmas karya Tim Burton merupakan inspirasi dari pulau ini. Sehingga wajar jika kesan horror dan mengerikan muncul di pulaunya.

Zombie, monster mengerikan, dan makhluk aneh lainnya ada di pulau ini. Thriller Bark sendiri awalnya dikuasai oleh Gecko Moria, sebelum kemudian Luffy dan kelompok Topi Jerami berhasil mengalahkannya. Atmosfer mengerikan dan berbagai hal “unik” di dalamnya berhasil dipresentasikan dengan baik.

Wano

Wano Country merupakan arc yang sedang berjalan saat ini. Wano sendiri merupakan sebuah wilayah di New World, yang terisolasi dari dunia luar. Sudah ribuan tahun Wano terisolasi dari dunia luar. Karena itulah tidak heran jika para para penduduk Wano masih menggunakan pakaian tradisional di era Feodalisme Jepang dahulu. Samurai, ninja, shogun, adalah elemen menarik di Wano.

Meski pun Wano adalah wilayah yang terisolir dan para penduduknya tidak mendapatkan asupan dari luar, Wano merupakan wilayah yang sangat indah. Berbagai kebudayaan Jepang dengan lengkap dan gamblang dihadirkan di arc ini. Lingkungan Wano juga bersih dan asri, sebelum kemudian Wano berubah menjadi sebuah wilayah yang dipenuhi oleh polusi pabrik senjata.

Semua itu dikarenakan kepemimpinan Orochi yang korup, belum lagi wilayah tersebut dikuasai oleh Kaido. Kozuki Oden sempat berusaha untuk mengambil kembali kendali dari Wano dari tangan mereka. Namun, sayangnya upaya tersebut gagal dan Oden harus dieksekusi mati. Oda Sensei sendiri bahkan mengatakan bahwa momen favoritnya di seri One Piece adalah ketika adegan pembuka dalam arc Wano yang memperlihatkan wilayah Flower Capital.

Whole Cake Island

Sesuai dengan namanya, Whole Cake Island benar-benar dipenuhi oleh kue-kue dan camilan manis, seperti coklat. Semuanya benar-benar nampak menggiurkan dan dipenuhi oleh makanan manis. Bahkan, bangunan yang ada pun bisa dimakan langsung karena memang terbuat dari bahan makanan seperti coklat atau gula. Selain makanan, ada juga hal menarik yang muncul di pulau ini.

Benda-benda mati seperti payung, sendal, atau benda lainnya semuanya bisa bergerak dan hidup. Mereka memiliki jiwa di dalamnya. Whole Cake Island sendiri merupakan wilayah kekuasaan dari salah satu Yonko, Big Mom. Whole Cake Island merupakan representasi dari kegemarannya akan makanan dan juga makanan manis. Bahkan, semua anak-anaknya sendiri diberi nama makanan.

Setiap penduduk yang tinggal di pulau ini wajib membayar “iuran” kepada Big Mom. Bukan dengan uang, melainkan dengan serpihan jiwa dari masing-masing orang tersebut. Jika mereka tidak mau membayar, maka mereka harus pergi dari pulau tersebut. Desain dari pulau Whole Cake Island benar-benar penuh dengan warna. Mirip seperti cerita Alice in Wonderland.

Skypiea/Pulau Langit

Certa One Piece tidak hanya menghadirkan pulau-pulau yang ada di lautan, tetapi juga di atas awan. Pulau langit adalah contohnya. Bisa dibilang, ini merupakan hal yang paling unik di serinya dan memberikan gambaran tentang imajinasi dari Oda Sensei. Pulau langit berbeda dengan pulau-pulau yang disebutkan di atas. Justru pulau langit ini lebih mirip seperti sebuah kepulauan di wilayah tropis.

Pulau langit didominasi oleh pepohonan, sehingga wajar jika pulaunya terlihat seperti sebuah hutan yang ada di wilayah tropis. Di wilayah ini juga terdapat hewan buas yang ukurannya sangat besar.  Selain itu, pulau langit juga memiliki penduduk asli atau suku asli yang menghuni wilayahnya yaitu Shandia. Pulau langit sendiri merupakan salah satu tempat awal yang dikunjungi oleh kruy Topi Jerami.

Tidak mudah untuk bisa pergi ke pulau langit. Ada beberapa cara khusus yang bisa digunakan untuk pergi ke sana, seperti menggunakan arus air yang akan menerbangkan mereka menuju pulau langit. Dahulu, pulau langit dikuasai oleh Enel, yang mengaku sebagai dewa. Namun, akhirnya Enel berhasil dikalahkan oleh Luffy dan kehidupan di pulau langit kembali seperti semula.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.