Sekitar 24 tahun yang lalu sebelun cerita One Piece dimulai, Gol D. Roger dihukum mati oleh angkatan laut dan eksekusinya sendiri dilakukan di Logue Town. Dalam ceritanya diungkapkan bahwa Roger menderita sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Roger sendiri merasa bahwa dia sudah mendapatkan semua yang dia inginkan setelah berhasil menaklukan seluruh Grand Line termasuk pulau terakhir, Laugh Tale.

Itulah yang kemudian membuat Roger memutuskan untuk menyerahkan diri kepada pihak angkatan laut dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Namun, yang menjadi pertanyaan besar saat ini adalah di mana kemudian Roger dikuburkan pasca dieksekusi? Sayangnya, sejauh ini Oda Sensei belum memberikan informasi terkait hal tersebut baik di manganya atau pun di animenya. Namun, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.

Dibuang ke Laut

Sang raja bajak laut, Gol D. Roger, merupakan salah satu karakter yang paling kuat di sepanjang seri ini. Roger diceritakan sudah berhasil menaklukan semua pulau di Grand Line. Petualangannya yang terakhir membawa dia ke sebuah pulau bernama Laugh Tale, tempat dimana Poneglyph terakhir berada dan harta karun One Piece.

Roger dianggap sebagai bajak laut yang paling sukses dalam sejarah. Namun, bagi Pemerintah Dunia dan angkatan laut, Roger adalah sosok ancaman paling besar dalam sejarah. Mereka berusaha untuk menghilangkan mereka sampai ke “akarnya.” Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika jenazah Roger kemudian dibuang ke laut setelah dieksekusi.

Dikubur di Tempat Rahasia

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Roger merupakan ancaman besar bagi Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Kemungkinan besar hal itu dikarenakan Roger sudah mengetahui apa yang terjadi dengan dunia ini, setelah dia dan krunya berhasil menuju Laugh Tale dan membaca isi Poneglyph yang ada di sana. Karena itulah mereka mencoba melenyapkan sosok Roger.

Dengan Roger yang dianggap sebagai “contoh” atau “panutan” bagi para generasi baru bajak laut, tentunya pihak angkatan laut mungkin beranggapan bahwa akan lebih baik jika makam Roger disembunyikan atau dikubur di suatu tempat yang tidak diketahui oleh umum. Dengan begitu, tidak akan ada orang yang tahu di mana Roger dikuburkan dan tidak akan ada orang juga yang akan melayatnya.

Dikubur di New World

Setelah perang besar yang terjadi di Marineford, kita melihat bagaimana Whitebeard harus tewas dalam pertempuran tersebut. Selain Whitebeard, Ace juga harus tewas akibat melindungi Luffy dari sosok Sakazuki. Tubuh Whitebeard dan juga Ace kemudian dibawa oleh Shanks untuk dikuburkan di sebuah wilayah di New World dengan diiringi oleh seluruh krunya.

Noticed This about Ace and Whitebeard's Monument : r/OnePiece

Hal ini juga mungkin saja terjadi kepada Roger. Bisa jadi Roger dikuburkan di sebuah wilayah di New World oleh pihak angkatan laut. Mungkin terdapat sebuah area khusus yang memang sengaja disiapkan untuk pemakaman bajak laut di New World. Dengan aksesnya yang sulit untuk dilalui, memakamkan Roger di sana diyakini menjadi salah satu cara Pemerintah Dunia untuk “melupakan” Roger.

Disimpan Di Mary Geoise

Mary Geoise adalah sebuah wilayah yang menjadi pusat kendali dari Pemerintah Dunia. Di sini juga adalah rumah bagi para kaum naga langit. Dengan banyaknya misteri yang tersimpan di wilayah ini, tentunya Mary Geoise menjadi salah satu tempat yang bisa saja menjadi pilihan untuk makam Roger. Tidak akan ada sembarangan orang yang datang ke Mary Geoise sehingga tempat ini aman.

Kita juga tahu bahwa di Mary Geoise terdapat ruang penyimpanan harta krun. Contohnya adalah ruangan yang menyimpan topi jerami raksasa yang diduga adalah milik Joy Boy. Dalam salah satu teori yang berkembang di kalangan fans, di Mary Geoise terdapat ruangan-ruangan yang menjadi makam dari Joy Boy dari abad sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, mungkin juga sosok Roger “dimakamkan” di sana.

Kematian dari Gol D. Roger memang diyakini menjadi semacam pemicu munculnya era baru kejayaan bajak laut, di mana diyakini banyak bajak laut muda lahir ketika Roger tewas. Atau bisa dibilang era baru muncul ketika Roger mengungkapkan keberadaan One Piece. Yang disayangkan adalah bagaimana Roger tidak mendapatkan proses pemakaman yang layak seperti halnya Whitebeard.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.