Sejak pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik, franchise Dragon Ball sudah banyak menghadirkan karakter villain, yang mana masing-masing dari mereka memiliki kemampuan, penampilan, dan motif yang unik dan berbeda satu sama lain. Salah satu villain yang muncul di ceritanya dan pernah menghadapi Goku adalah Frieza. Kemunculan Frieza memberikan perubahan besar terhadap franchisenya.

Frieza merupakan salah satu villain yang sangat populer, mirip seperti karakter villain lainnya seperti Cell. Dan kepopuleran Frieza membuatnya kembali dimunculkan dalam seri terbaru yaitu Dragon Ball Super. Seperti halnya Goku dan Vegeta, satu hal yang menarik dari Frieza adalah bagaimana dia memiliki berbagai bentuk transformasi. Berikut adalah deretan transformasi Frieza.

Form Pertama

Meskipun bukan menjadi yang terkuat, form pertama dari Frieza ini merupakan yang paling ikonik. Hal ini karena form pertama tersebut benar-benar menggambarkan sosok Frieza sebagai penjahat antargalaksi. Para fans setia Dragon Ball tentu lebih mengenal sosok Frieza dalam form ini. Secara penampilan, form pertama ini nampak sangat cocok dengan karakter Frieza yang jahat.

Dalam form ini juga musuh bisa merasakan kedahsyatan kekuatan dari sang villain. Dan yang paling epik juga adalah dalam form ini Frieza menghancurkan planet Vegeta dan sebagian besar ras Saiyan. Sayangnya, form pertama ini tidak bertahan lama karena Toriyama kemudian memperkenalkan form lainnya.

Form Kedua

Dari semua transformasi Frieza yang pernah muncul di sepanjang media canon Dragon Ball, form kedua ini jauh lebih mengerikan dan begitu mengintimidasi. Bukan hanya dia berubah menjadi jauh lebih besar dan lebih berisi, namun Frieza juga nampak memiliki tanduk yang jauh lebih panjang. Tanduk tersebut juga bisa menjadi senjata mematikan dalam keadaan darurat.

Selain untuk menghabisi Krillin, Frieza juga menggunakan form kedua ini untuk menghabisi Piccolo yang menyatu dengan Nail untuk menjadi lebih kuat. Transformasi baru Piccolo tersebut, ditambah juga dengan hasil latihan bersama King Kai, membantu Piccolo untuk menandingi form kedua Frieza ini. Namun, transformasi lainnya kemudian muncul yang membuat Frieza kembali menjadi tidak tertandingi.

Form Ketiga

Akira Toriyama sepertinya terinspirasi dari sosok Xenomorph dalam franchise alien untuk menghadirkan form ketiga Frieza ini. Form tersebut nampak berbeda dan tidak biasa. Terlihat bagian bahunya memanjang dan membesar, bahkan jauh berbeda dari dua form sebelumnya. Ini menjadi peningkatan kekuatan dahsyat selanjutnya dari Frieza. Namun, lagi-lagi transformasi ini tidak bertahan lama. Frieza kembali melakukan evolusi dan berubah setelah menyadari Gohan dan Vegeta bertambah kuat. Meskipun begitu, harus kita akui bahwa peningkatan kekuatan di form ini cukup signifikan.

Form Final

Nama tersebut mungkin tidak lagi akurat saat ini, namun ini menjadi salah satu transformasi Frieza yang banyak dikenal para fans. Transformasi ini bisa kita lihat dalam pertarungan epik saat menghadapi Goku di planet Namek. Dalam form ini, Frieza bisa membuktikan mengapa kemudian begitu ditakuti oleh orang-orang di seluruh galaksi. Form ini bahkan mampu sedikit lebih unggul dari Super Saiyan.

Form ini pun kemudian menjadi form utama dari Frieza setelah dia menyampaikan permohonannya untuk bisa kembali hidup. Selain form pertama, banyak fans yang tentunya mengingat sosok Frieza dalam transformasi ini. Hal ini bukan hanya karena transformasi tersebut berjalan cukup lama, namun juga menjadi form yang paling “sempurna” daripada form lainnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.