Sukses dengan video game Spider-Man dan Spider-Man: Miles Morales, tahun ini Insomniac bakal merilis sekuelnya yang berjudul Marvel’s Spider-Man 2. Kali ini Peter dan Miles akan melakukan petualangan bersama sebagai duo Spider-Man yang harus melindungi Kota New York dari ancaman para supervillain, termasuk Lizard, Venom, dan Kraven. Menariknya selain menghadirkan dua Spidey sekaligus, trailer gameplay Marvel’s Spider-Man 2 juga telah mengungkap bahwa Peter dan Miles memiliki sejumlah keunggulan baru yang diperlihatkan melalui lima fitur anyar di gamenya. Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks.

Kostum dengan Efek Khusus

Di awal trailer gameplay terbaru Marvel’s Spider-Man 2, kita langsung disuguhkan pada fitur baru yang berasal dari kostum symbiote Peter Parker. Di mana Peter mengenakan kostum barunya ini untuk melawan antek yang sepertinya dikirim oleh Kraven the Hunter. Menariknya selain mengubah tampilannya, kostum symbiote ini juga membuat Peter memiliki kemampuan yang lebih beragam serta dialog yang lebih agresif. Hal ini membuktikan bahwa di Marvel’s Spider-Man 2 nanti kostum Spider-Man juga dapat berpengaruh pada kekuatan, kemampuan, serta karakter penggunanya, tidak hanya tampilannya saja seperti di game-game sebelumnya.

Menangkis Serangan Musuh

Fitur lainnya yang bisa kita lihat dari cuplikan gameplay Peter Parker di Marvel’s Spider-Man 2 adalah kemampuan untuk menangkis serangan langsung. Jika di game sebelumnya Peter hanya bisa menghindari serangan dengan kelincahan tubuhnya (dodge), nanti di Marvel’s Spider-Man 2 untuk serangan yang tidak bisa dihindari, Peter juga bisa langsung menahannya dengan fitur tangkis (parry). Sama halnya dodge, sepertinya fitur parry juga dibarengi dengan counter yang mungkin memberikan damage lebih besar atau bahkan instant kill. Dan karena Peter bukan satu-satunya playable character, seperti fitur baru yang cukup mendasar ini dimiliki juga oleh Miles.

Kemampuan dan Gadget Baru

Bedanya dengan gameplay Peter yang beringas, cuplikan gameplay Marvel’s Spider-Man 2 versi Miles Morales justru terlihat lebih menonjolkan fitur baru yang berkaitan dengan kecanggihan gadget dan sejumlah kemampuan unik lainnya. Termasuk Web Grabber yang bisa menarik musuh sekaligus, Thunder Burst yang menghentakkan listrik mematikan ke tanah, dan lain sebagainya. Jika gadget dan kemampuan ini hanya dimiliki oleh Miles, sepertinya Imsoniac memang ingin memberikan pengalaman bermain yang berbeda dari masing-masing karakter. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan, Peter juga bisa membuka gadget dan kemampuan tersebut seiring dengan progress storynya.

Ganti Karakter Secara Instan

Yang paling membedakan gameplay Marvel’s Spider-Man 2 dengan game sebelumnya adalah fitur mengganti karakter secara instan. Di mana kita bisa menekan tombol untuk mengganti karakter dari Peter ke Miles yang berada di lokasi lain, begitu juga sebaliknya. Fitur ini mirip seperti yang ada di game GTA V, di mana pemain bisa langsung mengganti karakter pada timeline yang sama walaupun lokasi masing-masing karakter berjauhan. Menariknya karena Marvel’s Spider-Man 2 adalah game eksklusif yang hanya bisa dimainkan di PlayStation 5, teknologi SSD dari konsol gamenya membuat pergantian karakter dan render lokasi di sekelilingnya terasa lebih cepat dan mulus.

Web Wing Untuk Eksplorasi

Terakhir, keunggulan dari teknologi SSD PlayStation 5 sendiri sangat memungkinkan Marvel’s Spider-Man 2 menghadirkan fitur gameplay baru yang memungkinkan para Spider-Man mengeluarkan Web Wing untuk eksplorasi yang lebih cepat dan mulus. Jadi selain mengayun di antara gedung-gedung, Peter dan Miles juga bisa melayang bahkan nyaris seperti terbang dengan Web Wing yang fungsinya kurang lebih sama seperti glider di dunia nyata. Bedanya di game Marvel’s Spider-Man 2, Web Wing ini bisa dipakai untuk terbang melesat bahkan bertambah tinggi dengan memanfaatkan momentum.

Itulah lima fitur gameplay terbaru yang akan bisa kita rasakan di game Marvel’s Spider-Man 2 nanti. Banyak dari fitur-fitur ini yang merupakan pembaruan dari versi lama, seperti gadget, kemampuan, dan kostum baru yang lebih terintegrasi. Di sisi lain ada juga fitur yang sepenuhnya baru karena mesin dari konsol gamenya lebih canggih, seperti mengganti karakter secara instan dan melakukan eksplorasi lebih cepat dan lebih luas. Yang terpenting, semua fitur ini nantinya akan membuat pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan, tentunya saat gamenya sudah dirilis pada Musim Gugur tahun ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.