Gollum merupakan salah satu karakter penting dalam cerita Lord of the Rings yang mana mungkin asal-usul karakternya sedikit membingungkan. Dalam cerita tentang petualangan penghancuran The One Ring, Gollum merupakan sosok penting dalam momen tersebut. Dialah yang menjadi sosok yang bertanggung jawab untuk memulai semua hal dan peristiwa yang terjadi pada cerita garapan Tolkien tersebut. Berikut adalah asal-usul Gollum di Lord of the Rings.

3Gollum Di Lord Of The Rings

Gollum merupakan sosok monster mengerikan yang muncul dalam trilogi Lord of the Rings. Dia berusaha untuk menjalin kedekatan dengan Frodo Baggins yang mana sebenarnya dia memiliki niatan lain yaitu mencuri The One Ring.  Dalam mitologi The Lord of the Rings, Gollum memiliki asal-usul yang bisa dibilang sangat tragis. Dalam hal ini, Gollum sebenarnya adalah manusia sebelum berubah menjadi monster mengerikan.

Dalam cerita Lord of the Rings diketahui jika Iluvatar atau sosok Tuhan di cerita tersebut menciptakan Hobbit di Middle-Earth sebagai salah satu kreasinya. Mereka adalah salah satu bangsa yang pertama tinggal di Middle-Earth selain juga para elf. Di awal sejarah Middle-Earth, terdapat tiga jenis Hobbit yang berbeda; Harfoots, Fallohides, dan Stoors. Gollum sendiri pada awalnya merupakan seorang Stoor.

Hobbit yang termasuk jenis Stoor merupakan Hobbit yang tinggal di wilayah lembah yang ada di sungai Anduin. Itu merupakan sebuah tempat yang alami untuk menjadi tempat bersemayamnya the One Ring. Pasalnya, ini merupakan tempat di mana para penduduk Numeanor beserta Isildur tenggelam setelah dia menolak untuk menghancurkan the One Ring yang ada di tangannya.

Dalam kronologi ceritanya, di sini juga Smeagol dan saudaranya, Deagol, memancing. Dalam momen tersebut, Deagol kemudian secara tidak sengaja menemukan the One Ring yang dia perlihatkan kepada saudaranya. Namun, Deagol tidak memiliki cincin magis tersebut dalam waktu lama setelah dia tewas terbunuh oleh saudaranya, Smeagol, yang terpengaruh oleh hasrat besar dari cincinnya.

Dia benar-benar terhipnotis dengan aura dari cincin tersebut. Smeagol terpesona dan tidak berdaya ketika melihatnya, yang mana membuat dia bertekad untuk memilikinya. Dengan memengaruhi pikirannya, inilah alasan mengapa Smeagol kemudian tega menghabisi Deagol. Takut akan apa yang sudah dia lakukan serta takut kehilangan cincin tersebut, Smeagol kemudian kabur ke Misty Mountain.

Cincin tersebut sempat melekat dengan sosok Smeagol. Namun, dia akhirnya kembali tersadar dalam cerita trilogi Lord of the Rings. Frodo yang memperlakukan Smeagol dengan baik dan dia merasa kasihan kepadanya. Inilah yang membuat Smeagol akhirnya perlahan kembali mendapatkan sisi manusianya. Namun, kekuatan magis dari cincin tersebut pada akhirnya tetap membuat Smeagol mempertahankan cincin tersebut.

Evolusi Smeagol Menjadi Gollum – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.