Gollum merupakan salah satu karakter penting dalam cerita Lord of the Rings yang mana mungkin asal-usul karakternya sedikit membingungkan. Dalam cerita tentang petualangan penghancuran The One Ring, Gollum merupakan sosok penting dalam momen tersebut. Dialah yang menjadi sosok yang bertanggung jawab untuk memulai semua hal dan peristiwa yang terjadi pada cerita garapan Tolkien tersebut. Berikut adalah asal-usul Gollum di Lord of the Rings.

2Evolusi Smeagol Menjadi Gollum

Smeagol tidak ingin kehilangan The One Ring yang mana kemudian dia menyembunyikannya di suatu tempat. Dengan kekuatan magis yang luar biasa, seiring berjalannya waktu ada “efek samping” dari Smeagol yang menyembunyikan the One Ring. Perlahan dia mengalami perubahan di mana yang awalnya dia merupakan Hobbit Stoors kemudian berubah menjadi Gollum.

Selama kurang lebih 500 tahun Smeagol menyimpan dan merahasiakan keberadaan The One Ring selama itu juga perlahan dia berubah menjadi sosok Gollum yang kita kenal sekarang. Dia pun benar-benar terpesona dan jatuh cinta dengan The One Ring, yang mana rasa tersebut semakin meningkat dan semakin kuat. Bahkan, hal tersebut membuatnya memutuskan untuk mengurung diri selama beberapa lama.

Ketika Gollum bergabung dengan Sam dan Frodo untuk pergi ke Mount Doom, dia sering berusaha untuk menggagalkan upaya tersebut dan berupaya untuk merebut kembali cincin tersebut. Gollum berusaha untuk mendapatkan cincin tersebut kembali ke tangannya. Dan pada akhirnya, keinginan dan hasrat besar tersebut menjadi malapetaka baginya. Gollum justru diperlihatkan tewas di Mount Doom beserta cincin yang ingin dia kuasai.

Dalam ceritanya, ketika Frodo berusaha untuk melemparkan cincin tersebut ke mulut Mount Doom, Gollum yang melihat hal tersebut berusaha untuk menangkapnya kembali. Namun, hal tersebut gagal yang akhirnya membuat dia harus tewas di gunung tersebut. Yang menarik adalah Gandalf sempat mengatakan jika nasib dan takdir dari Gollum berkaitan dengan cincin tersebut. Artinya kemanapun cincin itu berada, Gollum akan mengikuti, termasuk ketika cincinnya hancur.

Gollum dan Smeagol merupakan dua kepribadian yang sangat berbeda satu sama lain. Inilah yang kemudian membuat Gollum kemudian terkenal sebagai salah satu karakter yang sangat kompleks di cerita Lord of the Rings. Selama ceritanya berlangsung, kepribadian Smeagol dan Gollum terus bertarung untuk menentukan kendali yang mana hal ini juga berakibat pada pikiran Gollum yang hancur.

Ini juga yang kemudian dirasakan oleh Frodo saat bertemu dan berhadapan dengan Gollum. Dia tahu bahwa sebenarnya Gollum dan Smeagol masih bertarung satu sama lain di dalam tubuh tersebut. Meskipun begitu, dalam cerita The Lord of the Rings sendiri kita bisa melihat bahwa pada akhirnya kepribadian dari Gollum yang mendominasi. Hal ini selain karena efek dari cincin tersebut, juga karena Gollum sudah terlalu lama menyimpan cincin tersebut.

Alasan The One Ring Ubah Smeagol – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.