Gollum merupakan salah satu karakter penting dalam cerita Lord of the Rings yang mana mungkin asal-usul karakternya sedikit membingungkan. Dalam cerita tentang petualangan penghancuran The One Ring, Gollum merupakan sosok penting dalam momen tersebut. Dialah yang menjadi sosok yang bertanggung jawab untuk memulai semua hal dan peristiwa yang terjadi pada cerita garapan Tolkien tersebut. Berikut adalah asal-usul Gollum di Lord of the Rings.

1Alasan The One Ring Ubah Smeagol

Dalam cerita Lord of the Rings sebenarnya ada beberapa karakter lain yang juga pernah terpesona dengan the One Ring. Contohnya adalah Bilbo Baggins. Bilbo sempat juga memiliki The One Ring yang mana hal tersebut hampir membuatnya mengalami perubahan seperti halnya Smeagol. Namun, untungnya, hati dan pikiran Bilbo masih sanggup melawan hasrat tersebut.

Perbedaan kontras antara Smeagol dan Frodo serta Bilbo menjadi salah satu jawaban dan alasan mengapa keduanya tidak mengalami perubahan ketika memiliki atau memegang The One Ring. Cincin The One Ring merupakan taktik yang dihadirkan oleh Sauron untuk menguasai Middle-Earth. Dia menciptakan The One Ring sebagai cincin yang bisa mengendalikan Rings of Power yang berjumlah 20.

Karena menyimpan aura jahat yang sangat besar, serta kegelapan yang luar biasa dari Sauron, mereka yang memiliki cincin tersebut akan terpengaruh oleh kejahatan dan pikiran jahat yang muncul dari cincin tersebut. Dalam ceritanya, Smeagol berhasil terpengaruh oleh kekuatan jahat dari cincin tersebut dan menyimpannya untuk waktu yang sangat lama. Inilah yang kemudian jadi alasan lain mengapa Smeagol berubah menjadi Gollum.

Bilbo dan Froto memang sempat memiliki cincin tersebut. Namun, mereka berdua mampu melawan hasrat jahat dari cincin tersebut dan mereka juga tidak memiliki The One Ring dalam waktu yang lama. Bilbo sendiri diketahui hanya menyimpan cincin tersebut selama 60 tahun sebelum kemudian diberikan kepada Frodo. Namun, 60 tahun tersebut sebenarnya sudah mampu memengaruhi pikiran dari Bilbo.

Sebenarnya, jika bukan karena peranan dari Frodo yang berusaha untuk menghancurkan cincin tersebut bukan mustahil jika Bilbo akan mengalami perubahan mengerikan juga layaknya Smeagol. Saat ini, Peter Jackson akan menghadirkan film baru, The Hunt for Gollum, yang akan menghadirkan cerita ketika Gollum menyimpan The One Ring. Selain itu, kita akan melihat bagaimana dia menjadi incaran dari Sauron. Mungkin, di filmnya, kita akan bisa mengetahui lebih lanjut mengenai asal-usul Gollum di cerita Lord of the Rings.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.