Meskipun Power Rangers merupakan hasil adaptasi Sentai dari Jepang, namun ada beberapa hal original dari franchise ini seperti para monster. Franchise Power Rangers pertama kali diadaptasi oleh Saban Entertainment di tahun 1993 dari series Super Sentai. Mereka mengadaptasi Super Sentai untuk disesuaikan dengan para penonton di luar Jepang, khususnya Amerika. Mayoritas elemen dalam franchise ini memang merupakan adaptasi. Namun, ada beberapa hal juga yang merupakan original dari Saban seperti para monster. Berikut adalah monster original di franchise original.

7Piranhatrons – Power Rangers Turbo

Monster original di franchise Power Rangers yang pertama adalah Piranhatrons yang berasal dari Power Rangers Turbo. Bisa dibilang, monster ini benar-benar berbeda dengan versi Super Sentai. Series Power Rangers Turbo memiliki sosok villain utama yang bernama Divatox. Dia dan para pasukannya merupakan perompak luar angkasa yang kemudian memutuskan tinggal di bawah laut di sebuah markas berbentuk ikan.

Besar kemungkinan pihak Saban Entertainment melakukan penyesuaian terhadap monster yang muncul dalam ceritanya. Dengan tema ikan dan bawah laut, Saban akhirnya menghadirkan monster original yaitu Piranhatrons. Seperti yang sudah bisa Geeks duga, Piranhatrons merupalkan pasukan monster robot yang memiliki wujud seperti ikan piranha. Monster ini tidak bisa berkomunikasi dan hanya mengeluarkan suara pendek untuk berkomunikasi.

Yang menarik kemudian adalah para montse Piranhatrons ini tidak hanya muncul dalam alur cerita Power Rangers Turbo, melainkan juga Power Rangers in Space. Bahkan, monster ini juga sempat muncul sekilas dalam alur cerita di series Power Rangers Lost Galaxy. Sedangkan, dalam series originalnya, Carranger, mereka memiliki monster yang bernama Chromites dengan tema warna-warni.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.