Perkembangan dari franchise Power Rangers membawa para fans dengan berbagai Multiverse yang ada di berbagai seriesnya. Pada awal kemunculannya di tahun 1993, series Power Rangers merupakan sebuah series yang sederhana. Ceritanya tentang lima orang anak muda dengan kekuatan kosmik berusaha melindungi bumi dari berbagai kejahatan. Namun, dalam lebih dari 30 tahun terakhir perkembangan franchise Power Rangers sangat pesat di mana kita diperkenalkan dengan konsep Multiverse.

6Universe Utama Power Rangers

Multiverse pertama dalam franchise Power Rangers tidak lain adalah universe utama atau yang juga dikenal dengan nama Universe 1 atau bisa juga disebut sebagai Prime Universe. Dalam franchise Power Rangers ini merupakan universe dari series original Mighty Morphin Power Rangers. Sesuai namanya, Prime Universe merupakan universe utama di mana hampir keseluruhan cerita yang terjadi di timeline Power Rangers muncul di universe ini.

Jika merunut pada kronologinya, berbagai peristiwa yang terjadi di Prime Universe dimulai sejak series pertama yaitu Mighty Morphin Power Rangers. Kemudian, timelinenya sendiri berhenti di series Power Rangers Cosmic Furies. Setelah itu, ada banyak karakter dan tim Rangers baru muncul di musim lainnya. Yang juga menarik adalah setting waktu yang muncul dari berbagai series yang menjadi bagian dari universe utama ini.

Ada yang bersetting di masa depan, namuna ada juga bersetting di “masa lalu.” Contohnya adalah Power Rangers SPD bersetting di tahun 2025, di mana diceritakan bumi sudah dikuasai oleh para alien. Sedangkan, Power Rangers Dino Fury dan juga Power Rangers Cosmic Fury bersetting di tahun 2023. Yang paling jauh adalah Power Rangers Time Force bersetting di tahun 3000.

Dengan kata lain, Prime Universe atau Universe Utama ini memiliki beberapa setting waktu yang mencakup masa lalu, masa depan, dan masa sekarang. Yang menarik juga adalah meskipun ada beberapa tim Rangers yang berbeda dari tim lainnya di Prime Universe, namun mereka masih bisa tetap saling berkomunikasi. Bahkan, mereka juga bisa saling mengunjungi universe satu sama lain dengan menggunakan sebuah alat bernama Transportal Device. Bisa juga, mereka menggunakan sebuah kendaraan kereta bawah tanah di Harwood County.

Ke Halaman 2 – Universe 5

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.