Klan D akan memiliki peranan yang sangat penting di akhir cerita One Piece sesuai dengan apa yang Vegapunk ungkapkan. Siaran Vegapunk masih terus berlangsung hingga One Piece chapter 1117 di mana hal penting terus terungkap. Setelah informasi mengenai masa lalu, Joy Boy, dan tenggelamnya dunia, Vegapunk pun mulai menyinggung tentang peranan dari klan D di akhir cerita One Piece.

3Siapa Klan D

Siapa sebenarnya klan D? Apa sebenarnya arti dari D tersebut? Misteri tentang klan D dan semangat D memang masih menjadi misteri besar yang belum terungkap dalam cerita One Piece. Sebenarnya, hal ini sempat hampir terungkap ketika Usopp menanyakan tentang One Piece kepada Rayleigh di bar milik Shakkey. Rayleigh pun bisa menjawab hal tersebut. Namun, Luffy lebih memilih berpetualang dan menikmati prosesnya.

Cerita tentang asal-usul klan D sendiri dipercaya ada di Poneglyph yang di Laugh Tale. Meskipun masih misterius, terdapat beberapa petunjuk yang kemudian diberikan oleh Oda Sensei terkait klan ini. Misalnya, seperti yang sudah kita ketahui, klan D dikenal sebagai “musuh utama para dewa (dewa disini adalah naga langit).” Klan D juga sering kali dianggap sebagai iblis yang jahat, seperti dalam cerita di wilayah Rosinante tinggal.

Banyak cerita dan propaganda buruk mengenai klan D yang World Government hadirkan dan sebarkan terhadap seluruh dunia. Yang menarik kemudian adalah seiring berjalannya cerita pihak World Government sepertinya sudah mulai ketakutan dengan kebangkitan klan D di cerita One Piece. Mereka mulai khawatir bahwa klan D akan mulai mengambil alih kekuasaan dan juga memulai badai besar yang pernah mereka janjikan.

Dalam One Piece chapter 1053 kemarin, di awal chapternya kita melihat bagaimana Gorosei nampak panik. Namun, bukan kabar tentang tersebarnya berita tentang nilai buruan baru dan juga terpilihnya dua Yonko baru yang membuat mereka panik. Melainkan bagaimana munculnya nama “D” di dalam poster buruan yang baru tersebut. Secara sekilas mungkin tidak ada yang aneh dari reaksi yang mereka perlihatkan.

Namun, jika Geeks ingat kembali ini pertama kalinya Gorosei atau pihak World Government nampak panik dengan adanya nama “D” dalam poster nilai buruan. Mengapa demikian? Sejauh ini, di sepanjang seriesnya mereka nampak biasa saja saat poster buruan terbaru muncul. Para Gorosei nampak tidak mempermasalahkan nama “D” dalam poster buruan tersebut.

Hal ini bisa kita lihat dari poster buruan Luffy atau Blackbeard dan bahkan Gol D. Roger. Tetapi, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah mengapa baru sekarang mereka memperlihatkan sikap panik terkait nama “D” tersebut? Mengapa baru sekarang mereka ingin menghilangkan “D” tersebut dari poster nilai buruan? Klan D sendiri mulai menjadi salah satu hal yang muncul di bagian akhir cerita One Piece ini.

Hal ini bisa kita lihat bagaimana Im nampak membenci klan D pasca peristiwa yang terjadi 800 tahun lalu, terutama apa yang terjadi kepada Nefertari Lili. Im marah karena Lily dianggap menganggu dan menggagalkan rencananya dengan menyebarkan Poneglyph. Kemudian, terungkap jika keluarga Neferi juga bagian dari klan D. Yang paling baru adalah bagaimana klan D memiliki peranan penting.

Dalam siaran Vegapunk di chapter 1117 dia secara khusus menunjukan pesan terhadap seluruh anggota dari klan D yang tersebar di seluruh dunia. Sayangnya, sebelum Vegapunk menyelesaikan pesan tersebut tayangannya sendiri terputus. Namun, dia sempat mengatakan bahwa diantara mereka ada seseorang yang bisa jadi adalah seseorang yang penting. Sosok tersebut tidak lain adalah Luffy yang merupakan Joy Boy yang baru.

Kebangkitan Klan D – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.