Home SERIES SERIES FEATURES 8 Karakter Original Power Rangers!

8 Karakter Original Power Rangers!

Disadari atau tidak dalam franchise Power Rangers terdapat beberapa karakter original yang tidak ada dalam versi Super Sentai. Power Rangers merupakan salah satu series klasik populer yang masih bertahan hingga sekarang. Seperti yang banyak Geeks ketahui, ini merupakan series yang diproduksi oleh Saban Entertainment yang diadaptasi dari series Super Sentai produksi Jepang. Meskipun mayoritas karakter dari franchise Power Rangers adalah adaptasi Super Sentai, namun ada beberapa karakter yang merupakan original. Siapa saja?

8 SPD A-Squad

Karakter original Power Rangers yang pertama adalah SPD A-Squad atau yang biasa juga disebut sebagai A-Squad Rangers. Di sepanjang series Power Rangers S.P.D kita akan melihat tim Power Rangers yang merupakan B-Squad. Namun, sebenarnya, mereka tidak seharusnya menjadi tim Power Rangers. Justru, yang seharusnya menjadi tim utama di series tersebut adalah A-Squad.

Namun, dalam ceritanya dijelaskan bahwa pada saat itu tim tersebut sedang menjalankan sebuah misi yang berbahaya. Bahkan, yang ironis adalah tidak ada satupun dari mereka yang kembali dengan selamat. Meskipun dalam ceritanya mereka diketahui tewas dalam pertempuran, tetapi faktanya tim original tersebut memang sengaja untuk mengkhianati organisasi S.P.D. dan memutuskan untuk bergabung dengan sang villain.

Mereka sebenarnya berhasil dikalahkan oleh monster-monster dari Emperor Gruum dan memutuskan untuk berpindah pihak, plot yang belum pernah digunakan sebelumnya. Secara desain, memang SPD A-Squad memiliki kostum dan helm yang berbeda dari tim Power Rangers SPD. Dalam sejarah Power Rangers, Red Ranger SPD menjadi yang Red Ranger perempuan pertama dan Yellow Ranger keempat yang diisi perannya oleh pria.

7 Elephant Spirit Ranger

Elephant Spirit Ranger merupakan salah satu karakter yang sangat unik di franchise Power Rangers. Selain dia merupakan salah satu karakter original Power Rangers, Elephat Spirit Ranger juga bisa dibilang sebagai Power Rangers rahasia yang hanya muncul di series adaptasi Juuken Sentai Gekiranger atau Power Rangers Jungle Fury. Pada dasarnya, Elephant Spirit Ranger adalah Zord Animal Spirit.

Karakter original Power Rangers ini hanya bisa dipanggil oleh Master Phant atau Fury Ranger Kuning. Jika tidak dibutuhkan dalam pertarungan, Elephant Spirit Ranger biasanya hanya memperlihatkan diri dalam bentuk Zord gajah berwarna hijau. Elephant Spirit Ranger bisa berubah menjadi senjata gada raksasa bagi Jungle Pride Megazord atau Jungle Master Megazord milik para Fury Rangers.

Dalam cerita Power Rangers Jungle Fury diketahui bahwa ada tiga Spirit Rangers di mana salah satunya adalah Elephant Spirit Rangers. Menurut informasinya, kemunculan dari Elephant Spirit Ranger ini sendiri merupakan ide dari Bandai America. Karena, dalam setiap seasoin seriesnya mereka hampir selalu menghadirkan Ranger Keenam atau Sixth Rangers. Karena itulah, perusahaan PLEX menghadirkan desain tiga Rangers baru yang diadaptasi dari Auxilary Zords.

6 Bat Spirit Rangers

Seperti yang dijelaskan di atas, ada tiga karakter Rangers baru dan original yang muncul dalam series Power Rangers Jungle Fury. Selain Elephant Spriit Rangers, yang termasuk Spirit Rangers lainnya adalah Bat Spirit Ranger. Sesuai dengan namanya, Ranger ini awalnya hanya berbentuk Zord Bat Animal Spirit. Namun, Bat Spirit Ranger juga memiliki fungsi yang luar biasa lainnya.

Ketika mentor Fury Rangers bernama Master Swoop atau Fury Ranger Biru memanggilnya, Bat Animal Spirit tersebut bisa berubah menjadi Bat Spirit Ranger. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk membantu menjalankan misi. Sama halnya seperti Elephant Spirit Ranger, karakter Bat Spirit Rangers ini hanya bisa kita lihat dalam alur cerita series Power Rangers Jungle Fury.

Namun, ada hal menarik yang muncul terkait Bat Spirit Rangers. Karakter Bat Spirit Ranger ini biasanya muncul dalam berbagai pernak-pernik bersama Red dan Blue Rangers. Bat Ranger juga memiliki kostum eksklusif dari Disney Store. Kemudian, meskipun Bat Zord memiliki warna biru atau indigo, namun Bat Rangers justru memiliki desain warna hitam dan putih serta warna emas.

5 Shark Spirit Ranger

Sama seperti Bat dan Elephant, Shark Spirit Ranger pada dasarnya adalah Zord Animal Spirit yang berbentuk hiu berwarna biru muda. Sebagai karakter Power Rangers original dan Ranger rahasia yang hanya muncul di Jungle Fury Rangers, dia juga bisa berubah menjadi Shark Ranger yang akan membantu para Fury Rangers ketika dibutuhkan. Dalam ceritanya diperlihatkan dia mendapatkan senjata warisan dari Fury Ranger Merah yang berbentuk pedang hiu.

Saat dalam bentuk Zord hiu, Shark Spirit Ranger bisa berubah menjadi pedang ganda atau double sword bagi Jungle Pride atau Jungle Master Megazord. Sama seperti para saudaranya, Shark Ranger juga tidak pernah muncul di versi Jepangnya, Juken Sentai Gekiranger.

4 T-Rex Ranger, Mammoth Ranger, Dan Triceratops Rangers

Series Power Rangers RPM menghadirkan setting yang berbeda dari series Mighty Morphin Power Rangers. Rilis pada 2009, ini merupakan series Power Rangers ke 17 dari franchise tersebut. Bisa dibilang, ini merupakan sebuah series yang juga cukup unik dengan jumlah Rangers yang cukup banyak. Dalam seriesnya, mereka menghadirkan 7 RPM Rangers. Namun, bandai America menginginkan untuk menghadirkan Rangers lain.

Akhirnya, pihak Bandai America memutuskan untuk menghadirkan tiga karakter lain yang mana sama halnya seperti Spirit Rangers tiga krakter baru RPM ini juga merupakan adaptasi dari Zords para Rangers. Mereka kemudian diberi nama PaleoMAx. Yang lucunya adalah nama ketiga Rangers tersebut – T-Rex Ranger, Mammoth Ranger, dan Triceratops Rangers – mirip seperti tiga karakter Zyuuranger yang jadi adaptasi dari Mighty Morphin Power Rangers.

Mammoth Ranger dianggap merupakan adapatsi dari Black Ranger, yang mana di seriesnya dia berubah warna menjadi Dark Red Ranger. Kemudian, Tyrannosaurus Ranger merupakan adaptasi dari Red Ranger, yang dalam series RPM adalah putih. Dan yang terakhir adalah Triceratops Ranger yang merupakan adaptasi dari Blue Ranger, namun di series RPM justru memiliki warna cyan.

3 Phantom Ranger

Rasanya tidak ada yang jauh lebih unik dari Rangers tambahan atau auxilliary character selain sosok Phantom Ranger. Sebelum para Rangers tambahan yang bukan Rangers muncul di franchise ini, Phantom Ranger merupakan pionirnya. Dia melakukan hal tersebut dalam tujuh episode di series Power Rangers Turbo. Dia membuktikan jika kekuatannya sangat diandalkan dan jadi tambahan kekuatan yang selalu dibutuhkan.

Namun, yang menarik kemudian adalah BOOM! Studios menghadirkan alur cerita lainnya dari Phantom Rangers dalam versi komik. Muncul kembali di series Power Rangers Universe pada 2021, Phantom Ranger memiliki cerita masa lalu yang berbeda. Dalam ceritanya, Morphinaut ternyata adalah Phantom Ranger. Dia adalah ilmuwan kuno yang kemudian terjebak di Morphin Grid selama ratusan tahaun setelah mengetahui kemunculan Dark Specter.

Ketika dia kembali, Grid Energy benar-benar membuat Phantom Ranger jadi sesuatu yang sangat kuat. Bahkan, di komiknya diperlihatkan bagaimana Phantom Ranger menjadi salah satu lawan yang sepadan bagi sang villain mengerikan, Lord Drakkon. Namun, dia juga kemudian harus menjadi korban dari Dark Specter itu sendiri. Sekarang, dia masih terus bertarung menghadapi semua kekuatan jahat.

2 Orange Ranger

Sebenarnya, ada perdebatan di kalangan fans apakah karakter Ranger ini memang benar-benar bagian dari Power Ranger. Pasalnya, sebagian fans ada yang menganggap jika Boom adalah Orange Ranger. Sedangkan, sebagian lainnya tidak menganggap jika dia adalah bagian dari Power Ranger. Boom merupakan karakter pertama dan terakhir serta satu-satunya di franchise ini yang mengenakan kostum berwarna jingga/orange.

Orange Ranger jadi satu-satunya warna Ranger yang sangat jarang, karena biasanya warna ini hanya digunakan di satu episode atau cerita saja. Selain itu, warna ini juga hanya digunakan di satu orang saja yaitu Emi, The Orange Solar Ranger. Dalam versi lain, sebenarnya ada beberapa karakter yang sempat menggunakan kostum warna ini. Misalnya, Skull dan juga Boom serta Kat.

Tyler Rinker, seorang anak yang memiliki mimpi menjadi seorang Power Ranger, berhasil mewujudkan mimpinya setelah pihak BOOM! Studios bekerja sama dengan badan amal, Make-A-Wish. Kontroversi ini kemungkinan menjadi alasan mengapa karakternya tidak pernah lagi muncul hingga sekarang. Dalam cerita Super Sentai sendiri tidak pernah ada Sentai yang menggunakan warna tersebut.

1 Titanium Ranger

Karakter original Power Rangers yang terakhir tidak lain adalah Titanium Ranger. Ryan Mitchell merupakan sosok karakter yang ada di balik karakter Titanium Ranger. Di sisi lain, dia juga dianggap sebagai salah satu karakter yang menarik dan juga tragis di sepanjang series Power Rangers. Hal ini karena cerita masa lalunya yang mengharukan. Ketika dia masih kecil, Ryan dan keluarganya harus mengalami sebuah kecelakaan mobil.

Untuk menyelamatkan nyawa Ryan, Captain Mitchell, ayah dari Ryan, kemudian membuat kesepakatan dengan sang villain, Diabolico. Ryan kemudian tumbuh dengan membenci ayahnya dan Power Rangers. Dia bahkan mencuri Titanium Morpher milik ayahnya dan menjadi Titanium Lightspeed Ranger yang pertama. Ryan kemudian menjadi sosok antagonis di seriesnya, sampai kemudian dia berubah menjadi sosok yang baik seperti halnya Tommy Oliver. Dia bahkan kemudian jadi anggota keenam dari Lightspeed Ranger.

Titanium Ranger adalah ini merupakan salah satu Ranger orisinal yang memang sengaja dibuat atau dihadirkan untuk series Power Rangers. Series originalnya, Super Sentai, tidak pernah memiliki atau tidak pernah menghadirkan Titanium Ranger. Seriesnya sendiri selalu memiiki cara untuk mencegah Ryan mencapai potensi terbesarnya sebagai Titanium Ranger, yang jadi bukti jika seriesnya harus melakukan nerf terhadap Ranger ini.

Salah satu keunikan dari Power Rangers adalah franchisenya tidak jarang menghadirkan karakter baru seperti karakter Rangers atau juga villain. Namun, pihak Saban Entertainment dan perusahaan lainnya tidak jarang menghadirkan karakter original yang tidak pernah muncul dalam series Super Sentai. Dalam hal ini, karakternya hanya muncul dalam versi Amerika saja.

Exit mobile version