Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Aktor Indonesia Yang Diakui Hollywood!

5 Aktor Indonesia Yang Diakui Hollywood!

Beberapa nama aktor Indonesia memiliki kualitas yang sangat luar biasa yang bahkan diakui oleh pihak Hollywood. Industri perfilman Indonesia memang masih terus berkembang hingga sekarang. Meskipun film Indonesia banyak muncul di berbagai ajang film internasional dan mendapatkan penghargaan, sangat jarang aktor Indonesia muncul di Hollywood. Meskipun begitu, dalam dua dekade terakhir terdapat beberapa aktor Indonesia yang berhasil diakui Hollywood.

5 Christine Hakim

Aktor Indonesia yang diakui Hollywood yang pertama adalah Christine Hakim. Ini merupakan aktor senior di dunia perfilman Indonesia. Berbagai peran yang sering dia hadirkan di film Indonesia selalu memiliki dampak yang luar biasa. Contohnya adalah bagaimana Christine Hakim berperan di film Pasir Berbisik. Christine Hakim sendiri dketahui sudah berakting selama puluhan tahun yang membuat pengalamannya di dunia film sangat luar biasa.

Dengan pengalaman yang luar biasa tersebut tidak mengherankan jika Christine Hakim kemudian muncul dalam proyek Hollywood. Contohnya adalah bagaimana Christine Hakim muncul dalam film Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh Julia Roberts. Di film ini Christine Hakim berperan sebagai Wayan, wanita Bali yang menjadi sahabat Liz dan turut membantu karakter protagonis untuk lepas dari tekanan hidupnya.

Yang paling baru adalah bagaimana Christine Hakim berperan sebagai seorang profesor di series The Last of Us. Secara mengejutkan versi live action The Last of Us ternyata memberikan informasi bahwa wabah Cordyceps sendiri berasal dari Indonesia, tepatnya pada tahun 2003 di salah satu pabrik tepung dan gabah Jakarta Barat. Situasi darurat di cerita The Last of Us yang sangat mengancam ini lantas memaksa pemerintah melelui Kementrian Kesehatan dan militer Indonesia untuk bergerak mencari Ratna.

4 Yoshi Sudarso

Sejak beberapa tahun lalu nama Yoshi Sudarso sempat menjadi bahan perbincangan hangat di Indonesia. Yoshi Sudarso merupakan aktor keturunan Indonesia yang sudah banyak berkecimpung di dunia akting Hollywood. Sebelumnya, Yoshi memang pernah membintangi beberapa proyek film. Namun, baru ketika dia berperan sebagai Ranger biru di series Power Rangers Dino Charge penampilannya mulai banyak disorot.

Dalam series Power Rangers tersebut dijelaskan bahwa aktor kelahiran Surabaya yang sekarang menetap di Amerika tersebut berperan sebagai karakter bernama Koda. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Koda digambarkan sebagai manusia gua yang akhirnya menjadi Power Ranger dengan kekuatan Stegosaurus. Selain berperan sebagai Ranger biru, dia pun kemudian banyak membintangi film.

Beberapa film yang pernah Yoshi Sudarso bintangi adalah Buffalo Boys kemudian film Bullet Train jadi proyek terbarunya. Yoshi yang memiliki keahlian seni bela diri juga sempat menjadi stunt-man di beberapa film dan serial televisi Hollywood seperti The Maze Runner, Agents of S.H.I.E.L.D, dan Alita: Battle Angel. Dengan kemampuan dan reputasi yang Yoshi miliki, rasanya tidak heran jika dia akan muncul dalam proyek film lainnya.

3 Joe Taslim

Aktor Indonesia yang diakui Hollywood selanjutnya adalah Joe Taslim. Geeks tentunya sudah tahu bahwa Joe Taslim adalah salah satu aktor Indonesia yang namanya cukup dikenal di Hollywood. Setelah sukses dengan film The Raid, Joe berhasil mengejutkan para penggemarnya dengan membintangi sederet film Hollywood termasuk Fast & Furious 6 di tahun 2013 dan Star Trek Beyond di tahun 2016.

Proyek film yang dibintangi Joe Taslim yang paling baru adalah Mortal Kombat yang rilis pada 2021 kemarin. Dalam fllm tersebut, Joe berperan sebagai Sub-Zero yang beradu akting dengan Hiroyuki Sanada yang berperan sebagai Scorpion. Joe dikabarkan akan kembali berperan sebagai Sub-Zero dalam film Mortal Kombat 2 yang akan datang. Dan banyak fans yang berspekulasi jika dia akan berperan sebagai Noob Saibot.

Dalam film Fast & furious 6, adegan Joe Taslim mengejar Roman dan Han Lue menjadi momen yang paling ikonik. Karena, di film tersebut Joe Taslim mengatakan dua kata Bahasa Indonesia yang kemudian populer di Indonesia. Momen bertarung Joe di stasiun Waterloo juga jadi yang paling epik, karena memperlihatkan momen Joe Taslim menggunakn pencak silat.

2 Yayan Ruhian

Salah satu alumnus dari film The Raid yang berhasil mencatatkan namanya di kancah perfilman Hollywood dan bahkan diakui sebagai salah satu aktor Indoensia yang terbaik. Sebenarnya, nama Yayan Ruhian kurang begitu terdengar di kancah perfilman Indonesia terlepas dari ada beberapa film yang sudah dia bintangi. Contohnya adalah merantau dan Wira.

Namun, penampilan yang apik dari Yayan sebagai Mad Dog di film The Raid benar-benar menjadi sebuan sensasi baru di dunia film, bukan hanya di industri film Indonesia melainkan di dunia. Mereka semua kagum dengan aksi dan koreografi dari Yayan Ruhian dalam adegan pertarungan di dapur menghadapi Iko Uwais. Inilah yang kemudian membuat Yayan kemudian dikenal luas di Hollywood.

Pasca kesuksesannya tersebut Yayan Ruhian mulai banyak muncul di berbagai film. Contohnya adalah bagaimana dia muncul di film Star Wars: The Force Awaken yang jadi debut film Hollywoodnya. Namun, yang paling banyak dikenang dari penampilan Yayan adalah kemunculannya di film John Wick 3: Parabellum, di mana dia muncul bersama Cecep Arif Rahman sebagai anak buah Zero. Keduanya dianggap mengenal baik John Wick dan mengidolakan sosoknya. Dan hal tersebut juga terjadi kepada John Wick.

1 Iko Uwais

Aktor Indonesia yang diakui Hollywood yang terakhir tidak lain adalah Iko Uwais. Mengawali perannya di film Indonesia, karir Iko sebagai aktor bisa dibilang cukup mulus. Merantau menjadi film yang memperkenalkan Iko di mata para pencinta film Indonesia. Namun, seperti halnya Joe Taslim dan Yayan Ruhian, Iko mulai dikenal Hollywood melalui perannya sebagai Yuda.

Meskipun begitu, jika berbicara masalah kesuksesan harud diakui bahwa Iko jauh lebih sukses dibandingkan kedua nama tersebut. Iko sudah muncul di banyak film Hollywood dan sudah beradu akting dengan banyak aktor besar. Contohnya di film Mile 22 dia beradu akting dengan Mark Wahlberg. Kemudian, di film Stuber diperlihatkan bagaimana Iko beradu akting dengan Dave Bautista.

Dia bahkan berperan sebagai Hard Master dalam film Snake Eyes pada 2021 kemarin. Serta, yang paling epik adalah dia berperan sebagai villain di film The Expendables 4. Terlepas dari filmnya yang gagal di pasaran, aksi dari Iko banyak mendapatkan tanggapan positif. Berkaitan dengan hal tersebut banyak pihak yang menganggap jika Iko Uwais bisa menjadi penerus dari Jackie Chan dalam film aksi dan laga di Hollywood. Iko menjadi salah satu aktor dari Asia Tenggara yang mendapatkan pengakuan tersebut selain Tony Jaa dari Thailand.

Kualitas aktor Indonesia nyatanya bisa bersaing dengan para aktor Hollywood, seperti beberapa aktor yang diakui oleh industri film Amerika tersebut. Di sisi lain, ini tentunya bisa jadi motivasi bagi berbagai aktor Indonesia lainnya untuk bisa terus berkarya dan berprestasi.

Exit mobile version