Dalam cerita One Piece sosok Monkey D Luffy merupakan perwujudan dari Nika, namun selain Luffy ada juga karakter lain yang bisa jadi sosok tersebut. Nika merupakan sosok dewa yang muncul di pulau Elbaf dan Luffy merupakan perwujudan serta menjadi sosok yang melanjutkan tekadnya. Meskipun begitu, ada juga beberapa karakter lainnya yang memiliki kesempatan untuk menjadi Nika seperti halnya Luffy. Siapa saja?

5Koby

Koby mungkin adalah satu-satunya karakter dan pihak angkatan laut yang memiliki prinsip untuk menolong orang dan mengabdi kepada masyarakat. Hal ini berkat ajaran yang dihadirkan oleh Monkey D Garp. Bisa dikatakan jika Koby adalah salah satu karakter sampingan yang perkembangan karakternya cukup pesat dalam cerita One Piece. Pada awalnya, Koby merupakan sosok anak kecil yang penakut dan cengeng.

Pertemuannya dengan Luffy membuat hidup dari Koby berubah di mana sang kapten dari kru Topi Jerami memberikan inspirasi bagi Koby untuk menjadi kuat. Bagaimana kemudian Koby berada di bawah pengawasan dari Garp ketika dia menjadi angkatan laut juga memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan karakternya. Yang paling terasa tentunya adalah rasa percaya diri, kekuatan, dan hal lainnya.

Meskipun dia sudah jauh bertambah kuat dan berani, namun dia tetap menjadi sosok yang sopan dan penuh perhatian. Perubahan besar yang juga Koby alami, selain dalam bentuk fisik, adalah rasa keadilannya (sense of justice). Karena berada dalam pengawasan dari sosok Garp, hal ini pun memberikan pengaruh besar terhadap cara berpikir dan sifat dari Koby. Berbeda dengan para angkatan laut lainnya, Koby menganut keadilan moral yang selama ini dianut oleh Garp dan sedikit angkatan laut lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.