Series anime Naruto sering menghadirkan karakter non canon terlepas dari sosoknya yang dianggap paling kuat. Naruto merupakan salah satu series anime yang sangat populer di dunia. Hampir semua orang mengenal series ini. Dan seperti halnya series anime pada umumnya, ada kalanya series tersebut menghadirkan episode filler. Di sisi lain, series animenyanya juga memperkenalkan karakter yang dianggap non canon terlepas dari kekuatannya yang luar biasa. Siapa saja mereka?

7Kazuma

Kazuma merupakan karakter non canon yang muncul dalam cerita Naruto: Shippuden episode 61. Untuk pertama kalinya, series Naruto memperkenalkan sebuah kelompok elit yang menjadi pelindung dari pemimpin Negara Api yaitu Twelve Guardian Ninja. Keberadaan kelompok tersebut diketahui setelah Kazuma menceritakan hal tersebut dan dia merupakan mantan anggotanya bersama dengan Chiriku.

Untungnya, dalam arc The Twleve Guardian Ninja mereka menjadi pusat cerita dari arc tersebut. Di sisi lain, Kazuma juga merupakan villain utama dalam arc ini. Kazuma meyakini bahwa Desa Konoha tidak lagi mampu melindungi Negara Api. Inilah alasannya mengapa kemudian dia memutuskan untuk menghancurkan desa Konoha. Ironisnya, ternyata dia tidak sendiri.

Para anggota lain dari Twelve Guardian Ninja juga memiliki pikiran yang sama dengan Kazuma. Inilah yang kemudian menjadi awal bagaimana kelompok tersebut akhirnya harus bertempur menghadapi para shinobi dari desa Konoha. Yang mengerikan juga adalah bagaimana Kazuma rela untuk menjadikan anaknya sebagai senjata untuk mewujudkan hal tersebut karena meyakini tujuannya adalah sesuatu yang mulia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.