Terdapat beberapa proyek film blockbuster Hollywood yang ternyata libatkan para sineas yang berasal dari Indonesia. Industri perfilman Indonesia mulai bangkit sejak awal tahun 2000an. Meskipun sempat stagnan, namun dalam satu dekade terakhir ini perkembangannya bisa dibilang sangat pesat. Inilah yang membuat beberapa proyek film Hollywood libatkan beberapa sineas Indonesia. Berikut adalah film blockbuster Hollywood yang libatkan para sineas Indonesia.

8Star Wars: The Force Awaken – 2015

Star Wars: The Force Awaken menandai kembalinya saga Star Wars yang sangat dinantikan oleh para fans. Bisa dibilang, film ini menjadi awal bagi para generasi baru Jedi dan Sith di franchise Star Wars. Film The Force Awaken sendiri menghadirkan cerita di mana sosok Luke Skywalker, yang merupakan Jedi terakhir di universe tersebut, diketahui menghilang tanpa jejak.

Di saat bersamaan, organisasai First Order kembali bangkit setelah hancurnya Galactic Empire. First Order datang kembali untuk menghancurkan Luke dan menjatuhkan kekuasaan dari pihak Republik. Leia bersama kelompok Resistence berusaha untuk melawan apa yang dilakukan First Order. Untuk mengembalikan keadaan Galactic Empire, Leila bertekad untuk mencari Luke dan meminta bantuannya.

Dalam film ketujuh di franchise Star Wars ini filmnya menghadirkan dua bintang dari Indonesia, yaitu Iko Uwais dan juga Yayan Ruhiyan. Kedua bintang tersebut masing-masing berperan sebagai Tasu Leech dan Razoo Qin-Fee, anggota organisasi kriminal Kanjiklub Gang. Meskipun tidak masuk dalam kredit, Cecep Arif Rahman juga terlihat sebagai bagian dari Kanjiklub Gang dengan penutup mata. Meskipun singkat, tetapi kemunculan mereka berhubungan langsung dengan karakter Han Solo.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.