Di sepanjang kemunculannya baik dalam cerita komik ataupun animasi dan live action terdapat beberapa kostum terbaik yang pernah Superman gunakan. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal sosok Superman yang membuktikan seberapa populernya karakter superhero DC satu ini. Karakternya sendiri sudah ada lebih dari tiga dekade. Dan dalam berbagai kemunculannya Superman selalu memiliki kostum yang khas dan menarik. Berikut adalah kostum terbaik yang pernah digunakan Superman.

10Kostum Perdana

Kostum terbaik Superman yang pertama adalah kostum perdana yang dia kenakan dalam cerita komik. Superman pertama kali diperkenalkan dalam komik Action Comics #1 yang rilis pada 1938. Karakternya sendiri merupakan hasil karya dari Jerry Siegel dan Joe Shuster. Seperti halnya sebuah penampilan perdana karakter, desain kostum dari Superman pada saat itu masih nampak sederhana.

Meskipun begitu, beberapa elemen penting yang muncul dalam kostum Superman adalah mantel berwarna merah, kostum berwarna biru, simbol “S” yang ada di dada, serta yang paling mencolok dan paling “ikonik” dari kostumnya adalah keberadaan celana dalam berwarna merah di luar. Pada awalnya, huruf “S” yang ada di kostum Superman memiliki bentuk yang memanjang sebelum kemudian disempurnakan seperti sekarang.

Joe Shuster sendiri awalnya mendapatkan inspirasi untuk kostum Superman dari beberapa kostum di dunia nyata; yaitu kostum Strongman atau manusia kuat yang ada di pertunjukan sirkus, pegulat profesional, dan juga model majalah kesehatan. Hal ini karena Joe Shuster sendiri diketahui merupakan sosok yang sangat senang dengan olahraga bodybuilding, sehingga dia terinspirasi untuk membuat kostum Superman dari para profesional tersebut.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.