Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Kostum Terbaik Superman!

10 Kostum Terbaik Superman!

Di sepanjang kemunculannya baik dalam cerita komik ataupun animasi dan live action terdapat beberapa kostum terbaik yang pernah Superman gunakan. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal sosok Superman yang membuktikan seberapa populernya karakter superhero DC satu ini. Karakternya sendiri sudah ada lebih dari tiga dekade. Dan dalam berbagai kemunculannya Superman selalu memiliki kostum yang khas dan menarik. Berikut adalah kostum terbaik yang pernah digunakan Superman.

10 Kostum Perdana

Kostum terbaik Superman yang pertama adalah kostum perdana yang dia kenakan dalam cerita komik. Superman pertama kali diperkenalkan dalam komik Action Comics #1 yang rilis pada 1938. Karakternya sendiri merupakan hasil karya dari Jerry Siegel dan Joe Shuster. Seperti halnya sebuah penampilan perdana karakter, desain kostum dari Superman pada saat itu masih nampak sederhana.

Meskipun begitu, beberapa elemen penting yang muncul dalam kostum Superman adalah mantel berwarna merah, kostum berwarna biru, simbol “S” yang ada di dada, serta yang paling mencolok dan paling “ikonik” dari kostumnya adalah keberadaan celana dalam berwarna merah di luar. Pada awalnya, huruf “S” yang ada di kostum Superman memiliki bentuk yang memanjang sebelum kemudian disempurnakan seperti sekarang.

Joe Shuster sendiri awalnya mendapatkan inspirasi untuk kostum Superman dari beberapa kostum di dunia nyata; yaitu kostum Strongman atau manusia kuat yang ada di pertunjukan sirkus, pegulat profesional, dan juga model majalah kesehatan. Hal ini karena Joe Shuster sendiri diketahui merupakan sosok yang sangat senang dengan olahraga bodybuilding, sehingga dia terinspirasi untuk membuat kostum Superman dari para profesional tersebut.

9 Kostum Ultraman

Ultraman bisa dibilang adalah versi jahat dan mengerikan dari sosok Kal-El, di mana dia merupakan karakter yang berasal dari Earth-3. Sosok Kal-El tersebut diceritakan merupakan bagian dari kelompok Crime Syndicate of America. Ini merupakan Justice League versi universe tersebut. Ada hal menarik dari sosok Ultraman versi ini. Ketika umumnya Superman melemah ketika dia dekat dengan Kryptonite, Ultraman justru bisa menjadi tambah kuat.

Bahkan, dia mendapatkan kekuatan baru ketika terkena batu pecahan planet Krypton tersebut. Hal menarik lainnya adalah jika Superman lemah terhadap berbagai sihir, justru Ultraman sama sekali tidak terpengaruh oleh kekuatan sihir apapun. Ultraman pada dunianya adalah pemimpin dari Crime Syndicate dan penguasa bumi sebagai diktator yang sangat kejam dan mengerikan.

Selain itu, Kal-II juga merupakan salah satu versi terkuat di mana dia banyak menghabisi versi Superman lain. Dari segi kostum, Ultraman memiliki desain yang sangat menarik yang mendukung aura mengerikannya. Dalam versi Ultraman, sebenarnya hampir tidak banyak perubahan besar yang terjadi di kostumnya. Namun, nampak bagaimana warna birunya jauh lebih gelap dari kostum utamanya. Selain itu, simbol “S” di bagian dada kostumnya berganti menjadi “U” yang membuatnya nampak mengintimidasi.

8 Kostum Overman

Kostum terbaik Superman lainnya adalah milik Overman, versi alternatif lainnya dari SUperman. Dalam cerita komik DC 52, Earth-10 alias Earth X adalah universe alternatif di mana kejahatan diceritakan menang. Bedanya, pemenang di universe alternatif yang satu ini adalah Nazi yang berhasil menguasai hampir seluruh penjuru Bumi. Bukan hanya pasukan Nazi yang menonjol, tetapi juga para manusia supernya.

Kal-L yang berasal dari Earth-10 diceritakan tidak jatuh dan ditermukan di Kansas, seperti yang kita ketahui selama ini. Tapi, dia justru jatuh di Jerman saat pendudukan Nazi dan kemudian Superman dirawat oleh Nazi dan Hitler. Dengan menggunakan kekuatan Overman, Nazi berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Para Peneliti Nazi menciptakan sosok tandingan bagi Overman.

Karakter Superman ini memiliki salah satu kostum terbaik sekaligus mengerikan. Overman menggunakan kostum yang memiliki kerah dan tidak ada lambang ‘S’ di dadanya, melainkan lambang petir. Lambang tersebut mirip seperti lambang dari pasukan khusus dari Nazi yaitu SS Waffen. Yang paling menonjol dari kostum Superman satu ini adalah skema warnanya. Jika umumnya Superman memiliki skema warna merah dan biru, maka kostum ini mengenakan skema warna hitam dan merah.

7 Dark Side

Selain Overman, ada versi lainnya dari Superman yang juga memiliki cerita yang hampir mirip dengan cerita tersebut. Dalam komik ini Superman memiliki origin story yang berbeda. Saat dilemparkan dari Krypton, dia tidak jatuh di Kansas Amerika justru dia jatuh di planet Apokolips tempat Darkseid berada. Superman kemudian diangkat menjadi salah satu New Gods dibandingkan dengan menjadi sosok yang memimpin makhluk bumi.

Superman versi ini menggunakan tidak menggunakan kostum berwarna merah biru seperti yang kita ketahui melainkan kostum berwarna hitam, lengkap dengan helm dan senjata khas planet Apokolips. Bahkan, bisa dibilang jika yang dikenakan oleh Superman bukan kostum melainkan armor. Tidak lupa juga dengan simbol ‘S’ di dadanya yang lebih mirip seperti lambang petir.

Dengan menggunakan helm tersebut, Superman nampak begitu mengintimidasi dan sangat mengerikan. Superman versi alternatif ini benar-benar menjadi sosok yang sangat diandalkan oleh Darkseid, apalagi dengan kekuatannya yang sangat luar biasa. Banyak fans yang menyayangkan jika karakternya sudah tidak pernah lagi muncul di cerita komik.

6 Superman Red Son

Kostum terbaik Superman lainnya adalah versi cerita Red Son. Ini menjadi salah satu kostum yang ikonik dari Superman selain kostum putih biru yang selama ini kita kenal. Dan mirip dengan beberapa kostum dari versi Superman universe alternatif di atas, kostum Superman versi Red Son juga memiliki keunikan tersendiri. Dalam komik Superman: Red Son diceritakan jika Kal-El tidak jatuh di wilayah Amerika, melainkan di Ukraina.

Kal-El kemudian tumbuh di sana dan kemudian berubah menjadi penguasa wilayah USSR. Dengan Superman yang menjadi pemimpin USSR, negara tersebut menjadi makmur dan maju. Tapi, dengan Superman mampu mengawasi seluruh dunia artinya dia bisa mengawasi gerak-gerik setiap orang. Jika ada pemerintah atau warganya yang mencoba untuk berbuat kejahatan, tentunya mereka akan berhadapan langsung dengan Superman.

Sama seperti dalam cerita The Dark Side serta versi Ultraman dan Overman, Superman versi Red Son memiliki desain yang unik. Secara keseluruhan, kostum Superman Red Son sama dengan kostum utama Superman. Namun, skema warnanya cenderung abu-abu gelap dengan perpaduan merah. Yang paling mencolok tentunya adalah lambang di dada Superman. Dalam kostum ini, nampak bukan huruf “S” atau “U” melainkan gambar palu dan arit.

5 Death Of Superman

Salah satu arc atau alur cerita terbaik dan paling populer di DC Comics adalah The Death of Superman. Dari judul komiknya saja kita sudah tahu bahwa The Death of Superman akan menceritakan kematian dari Superman. Namun, yang tidak diduga sebelumnya adalah bahwa kematiannya di komik ini adalah yang paling tragis pada saat itu. Diceritakan bahwa Doomsday tiba di bumi.

Makhluk mengerikan dan kuat tersebut langsung membuat kekacauan yang mengancam keberadaan dari umat manusia. Tim Justice League pun mencoba untuk menghentikan Doomsday yang mana hal tersebut ternyata tidak berhasil. Sebagai salah satu anggota terkuat di tim Justice League Superman kemudian bertarung habis-habisan dan berhasil membunuh Doomsday.

Sayangnya, luka yang diterima oleh Superman menyebabkan dia mati di pelukan Lois Lane. Yang menarik kemudian adalah DC Comics kemudian membangkitkan kembali Superman dari kematian. Dan kebangkitan ini diatandai dengan perubahan ekstrem dari kostumnya. Kostum yang dia kenakan nampak seluruhnya berwarna hitam. Mantelnya berwarna merah, namun lambang “S” di dadanya berwarna perak. Fakta menariknya adalah kostum ini sebenarnya sempat akan muncul dalam versi theatrical cut Justice Leage sebelum pihak WB menggantinya. Namun, dalam versi Zack Snyder kostum ini kembali muncul.

4 Kostum Superman DCAU

Salah satu kostum paling populer dan paling ikonik dan terbaik dari Superman berasal dari DC Animated Universe. Sesuai namanya, ini merupakan sebuah universe dari DC yang hanya ada di series animasinya. Salah satu series yang muncul di DCAU adalah Superman the Animated Series yang rilis sejak tahun 1996 hingga tahun 2000. Kostum yang digunakan oleh Superman ini merupakan salah satu yang populer.

Dalam versi The Animated Series, Superman menggunakan kostum Superman yang muncul di era Silver Age Comics. Namun, tentunya dengan berbagai penyesuaian. Ini menjadi salah satu kostum terbaik dan ikonik dari Superman, bahkan hingga sekarang. Tidak sedikit orang-orang yang terinspirasi dengan kostum Superman dari versi Animated Series ini. Secara desain sebenarnya kostum ini merupakan versi modern dari kostum original Superman di Action Comics #1.

3 Kostum Superman Christopher Reeve

Kostum superman yang paling banyak diingat oleh orang-orang ketika berbicara mengenai sosok Superman versi live action. Meskipun versi live action dari Superman sudah ada sejak lama, namun yang paling banyak diingat di era modern adalah kostum Superman versi Christopher Reeve. Karakternya sendiri muncul dalam film Superman: The Movie yang rilis pada 1978.

Kostum versi Chirstopher Reeve mirip seperti versi Animated Series dan Silver Age, yang mana kita akan melihat desain yang sangat klasik dan sederhana dari Superman. Namun, tentunya dengan gaya dari era 70an. Kostum tersebut memperlihatkan celana dalam merah di bagian luar seperti versi awal. Dan sampai sekarang, kostum ini masih dianggap sebagai salah satu yang terbaik di industri film.

Meskipun begitu, kostum Superman versi Christopher Reeve ini cukup lama digunakannya yaitu sejak tahun 1978 hingga 1987. Desain dari kostum Superman ini selain juga digunakan oleh Christopher Reeve juga digunakan oleh aktor lainnya yaitu Brandon Routh yang muncul dalam film Superman Returns. Hampir semua elemen dari kostumnya sama kecuali warna “S” yang sedikit gelap.

2 Kostum Superman Versi DCEU

Di tahun 2013 kemarin Warner Brothers dan DC Studios memutuskan untuk meluncurkan sebuah jagat sinematik mereka yang disebut sebagai DC Extended Universe atau DCEU. Jagat sinematik ini merupakan jawaban dari persaingan antara Marvel dan DC. Film pertama yang mereka rilis adalah Man of Steel yang menceritakan asal-usul kemunculan Superman di bumi.

Henry Cavill dianggap sukses untuk memerankan sosok Superman versi DCEU. Bahkan, bukan hanya itu, Cavill juga dianggap berhasil menghidupkan Superman dalam versi live action. Kostum yang digunakan oleh Henry Cavill bisa dibilang sangat modern dengan desain yang sangat berbeda dari sebelumnya. Kostum Superman versi DCEU nampak seperti sebuah suit.

Mereka menghilangkan bagian celana dalam merah yang terletak di bagian luar. Kemudian, skema warna biru dan merah yang muncul pun jauh lebih terang dan jelas. Kostum versi DCEU juga nampak memiliki tekstur, yang mana hal ini berbeda dengan versi Reeve yang tidak memiliki tekstur. Seperti halnya Christopher Reeve, ini menjadi kostum Superman yang ikonik hingga sekarang.

1 Kostum Superman Versi DCU

Kostum Superman terbaik yang terakhir adalah yang paling baru yaitu versi David Corenswet. Setelah membuat para fans penasaran dengan siapa sosok Superman baru untuk proyek film garapan James Gunn, namun akhirnya terungkap jika David Corenswet yang akan berperan sebaga Kal-El alias Superman. Film Superman sendiri menjadi proyek live action pertama di jahat sinematik baru DC.

Pada bulan kemarin, James Gunn kemudian membagikan sebuah foto first look dari David Corenswet menggunakan kostumnya dan ada detail menarik dari kostum tersebut. Contohnya adalah logo ‘S’ yang ada di bagian dadanya. Jika Geeks perhatikan sekilas mungkin tidak ada yang aneh atau tidak biasa dengan logo tersebut. Namun, jika diperhatikan lebih lanjut sebenarnya logo ‘S’ tersebut memiliki desain yang mirip dengan logo ‘S’ dari Superman dalam versi komik, terutama dari cerita Kingdom Come.

Kemudian, yang paling menonjol adalah bagaimana desain kostumnya berbeda dari versi Cavill.  Desainnya sendiri nampak lebih tradisional di mana warna birunya jauh lebih terang dan juga warna merahnya lebih cerah. Desain kostum versi David Corenswet ini mungkin akan mengingatkan kita pada kostum yang berasal dari era awal 2000an dan juga tahun-tahun sebelumnya.

Superman masih akan terus jadi karakter superhero paling ikonik dan populer di dunia. Dan dengan kemunculannya dalam berbagai iterasi, artinya ada banyak juga versi kostum yang dia kenakan. Beberapa kostum tersebut memiliki desain yang menarik dan menjadi salah satu yang terbaik.

Exit mobile version