Gladiator adalah seorang petarung yang bertarung dalam pertunjukan publik di arena Romawi kuno, seperti Colosseum, untuk hiburan penonton. Gladiator biasanya merupakan budak, penjahat, atau tawanan perang yang dilatih untuk bertarung sampai mati atau hingga salah satu petarung menyerah. Namun, ada juga orang bebas yang memilih menjadi gladiator untuk mencari ketenaran dan kekayaan. Nah menariknya, ada beberapa film yang menceritakan tentang gladiator. Apa saja film yang menceritakan tentang gladiator? Simak berikut ini Geeks!

4The Fall of the Roman Empire

“The Fall of the Roman Empire” disutradarai oleh Anthony Mann dan dibintangi oleh Sophia Loren, Stephen Boyd, Alec Guinness, James Mason, dan Christopher Plummer. Film ini menggambarkan periode krisis dan kejatuhan Kekaisaran Romawi pada abad ke-2 Masehi. Meskipun mendapatkan pujian untuk skala produksi dan sinematografi, “The Fall of the Roman Empire” kurang berhasil secara komersial, yang membuatnya dianggap sebagai salah satu kegagalan box office besar di eranya.

Film ini berlatar belakang masa pemerintahan Kaisar Marcus Aurelius (Alec Guinness), yang berusaha mempertahankan stabilitas dan perdamaian di Kekaisaran Romawi. Kaisar berencana mengangkat jenderal kepercayaannya, Livius (Stephen Boyd), sebagai penerusnya untuk memastikan keberlanjutan reformasi dan melindungi kerajaan dari korupsi dan kekacauan. Namun, putra Marcus Aurelius, Commodus (Christopher Plummer), memiliki ambisi sendiri untuk merebut takhta.

Setelah kematian mendadak Marcus Aurelius, Commodus naik takhta dan memulai pemerintahan tirani yang menyebabkan ketidakstabilan dan konflik di seluruh kekaisaran. Livius, yang terjebak antara kesetiaannya kepada mendiang kaisar dan perasaannya terhadap Lucilla (Sophia Loren), putri Marcus Aurelius, harus berjuang untuk menyelamatkan Roma dari kehancuran.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/