Gladiator adalah seorang petarung yang bertarung dalam pertunjukan publik di arena Romawi kuno, seperti Colosseum, untuk hiburan penonton. Gladiator biasanya merupakan budak, penjahat, atau tawanan perang yang dilatih untuk bertarung sampai mati atau hingga salah satu petarung menyerah. Namun, ada juga orang bebas yang memilih menjadi gladiator untuk mencari ketenaran dan kekayaan. Nah menariknya, ada beberapa film yang menceritakan tentang gladiator. Apa saja film yang menceritakan tentang gladiator? Simak berikut ini Geeks!

3Gladiator

Gladiator” disutradarai oleh Ridley Scott dan dibintangi oleh Russell Crowe sebagai Maximus Decimus Meridius. Film ini ditulis oleh David Franzoni, John Logan, dan William Nicholson. Dengan anggaran sekitar $103 juta, “Gladiator” mencapai kesuksesan besar secara komersial dan kritis, meraih lebih dari $460 juta di box office global. Film ini memenangkan lima Academy Awards, termasuk Best Picture dan Best Actor untuk Russell Crowe.

Musiknya yang ikonik, disusun oleh Hans Zimmer dan Lisa Gerrard, juga mendapat pujian luas. Film ini bercerita tentang Maximus Decimus Meridius (Russell Crowe), seorang jenderal Romawi yang setia kepada Kaisar Marcus Aurelius (Richard Harris). Setelah kemenangan besar melawan suku-suku barbar, Maximus diharapkan akan menggantikan Aurelius yang ingin mengembalikan kekuasaan kepada Senat Romawi. Namun, rencana ini digagalkan oleh Commodus (Joaquin Phoenix), putra Kaisar yang licik dan ambisius, yang membunuh ayahnya untuk merebut takhta.

Commodus memerintahkan eksekusi Maximus dan keluarganya. Maximus berhasil melarikan diri, tetapi menemukan keluarganya telah dibunuh. Tertangkap oleh pedagang budak, Maximus dijual dan menjadi gladiator di arena Roma. Dengan ketangguhannya dan kemampuan militernya, Maximus naik daun sebagai gladiator terkenal, mencari kesempatan untuk membalas dendam terhadap Commodus dan mengembalikan kehormatan dirinya serta keluarganya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/