Di sepanjang kemunculannya di Ultra series beberapa Ultraman diketahui memiliki form yang sulit untuk dikendalikan. Dalam hal ini, form dahsyat tersebut mengancam nyawa baik para host manusianya ataupun dari Ultraman itu sendiri. Ketika para Ultraman bertarung menghadapi monster atau ancaman lain, mereka akan mengerahkan segala hal termasuk menggunakan sebuah form yang kuat. Namun, tidak jarang form Ultraman tersebut sangat sulit untuk dikendalikan yang membuat nyawa mereka terancam. Apa saja?

5Ultraman Zero Darkness, Shinning Ultraman Zero, dan Ultimate Shinning Zero – Ultraman Zero

Ultraman Zero adalah salah satu Ultraman yang sangat populer di kalangan fans. Dalam mitologi Ultraman, Zero merupakan putra dari Ultraseven yang berasal dari series berjudul sama di tahun 1967. Yang menarik adalah dalam konsep awal kemunculannya Ultraman Zero memiliki nama Ultraseven Ax. Ultraman Zero diketahui memiliki bukan hanya satu form paling berbahaya, melainkan tiga.

Yang pertama adalah Ultraman Zero Darkness. Dalam ceritanya dijelaskan jika Ultraman Zero memiliki musuh bebuyutan yaitu Ultraman Belial. Dalam seriesnya diperlihatkan bagaimana Ultraman Belial berhasil merasuki tubuh dari Ultraman Zero. Hal ini membuatnya mengalami perubahan menjadi Ultraman Zero Darkness, di mana tubuhnya berubah menjadi hitam dengan corak merah. Kesadarannya pun dikendalikan oleh Belial.

Untuk menghentikan hal ini kedua Ultraman kemudian harus bertarung di bawah alam sadar. Ketika Belial kalah, maka muncul form baru yaitu Shinning Ultraman Zero. Kemudian, Ultraman Zero juga memiliki form dahsyat lainnya yaitu Ultimate Shinning Zero yang muncul di miniseries lainnya. Dua form Shinning ini sama-sama memiliki bahaya di mana peneyrapan energi yang sangat dahsyat sehingga Zero tidak bisa menggunakannya dalam waktu lama. Bahkan, tekanan energi dari Ultimate Shinning Zero tersebut bisa sangat berbahaya.