Di sepanjang kemunculannya di Ultra series beberapa Ultraman diketahui memiliki form yang sulit untuk dikendalikan. Dalam hal ini, form dahsyat tersebut mengancam nyawa baik para host manusianya ataupun dari Ultraman itu sendiri. Ketika para Ultraman bertarung menghadapi monster atau ancaman lain, mereka akan mengerahkan segala hal termasuk menggunakan sebuah form yang kuat. Namun, tidak jarang form Ultraman tersebut sangat sulit untuk dikendalikan yang membuat nyawa mereka terancam. Apa saja?

4Eclipse Mode – Ultraman Cosmos

Salah satu karakter Ultra lainnya yang populer di dan legendaris di Indonesia. Ultraman Cosmos merupakan sosok pelindung Bumi dari serangan alien yang mana hal ini sudah dia lakukan sejak lama. Bahkan, hal tersebut sudah dia lakukan sebelum dia secara aktif menjaga Bumi dengan host manusianya yaitu Musashi Haruno. Dia pertama kali diperlihatkan melindungi Bumi melawan Baltan.

Ketika Cosmos melindungi Bumi dari Baltan, di situ dia kalah dan hampir mati, namun Musashi Haruno kecil menolong Cosmos dengan mengarahkan sinar Matahari ke Cosmos sehingga dia bisa bertarung lagi. Sejak itu Cosmos memberikan batu biru ke Musashi untuk menggunakan kekuatannya. Hal menarik dan unik dari Cosmos adalah bagaimaan dia dikenal sebagai Ultraman yang paling lembut terhadap para monster.

Meskipun begitu, Ultraman Cosmos memiliki form yang dahsyat yaitu Eclipse Mode. Seperti halnya Ultraman Gaia dan mayoritas Ultra lainnya, ini merupakan form ketiga mereka. Form Eclipse Mode didapat setelah Cosmos kalah dari Chaos Header. Nama Eclipse Mode sendiri diambil dari momen kebangkitan Musashi yang membangkitkan Cosmos saat gerhana matahari terjadi. Juga, seperti halnya Supreme Version milik Gaia, form dahsyat ini tidak bisa digunakan dengan durasi lama karena menguras energi dan tenaga yang sangat banyak. Ultraman Cosmos diketahui hanya bisa menggunakan form ini selama satu menit.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.