Home COMIC COMIC FEATURES 10 Jumlah Lantern Corps di DC Universe!

10 Jumlah Lantern Corps di DC Universe!

Mayoritas fans mungkin hanya mengenal Green Lantern di DC Universe, namun sebenarnya ada banyak anggota dari Lantern Corps tersebut. Dalam cerita di DC Comics, Lantern Corps adalah kelompok yang bertugas untuk melindungi seluruh alam semesta. Mayoritas cerita menghadirkan Green Lanterns sebagai perwakilan dari Lantern Corps. Namun, sebenarnya, ada banyak Corps lainnya yang menjadi bagian dari Lantern Corps. Apa saja?

10 Yellow Lantern Corps

Lantern Corps di DC Universe yang pertama adalah Yellow Lantern Corps. Sebenarnya, selain Green Lantern, Yellow Lantern Corps termasuk salah satu yang sering juga muncul di cerita komiknya. Yellow Lantern Corps sendiri dibentuk oleh Anti-Monitor sebagai salah satu bagian dari rencana besarnya. Sinetro yang kemudian ikut mebantu membentuk Yellow Lantern Corps.

Fakta menarik mengenai Yellow Lantern Corps adalah Sinestro sendiri sebenarnya awalnya merupakan bagian dari Green Lantern. Namun, kemudian dia berkhianat dan membentuk Yellow Lantern. Berbeda dengan Green Lantern yang mengandalkan imajinasi dan kepercayaan diri, Yellow Lantern justru mengandalkan rasa takut sebagai sumber kekuatan mereka. Dan kuning pun kemudian jadi warna kelemahan dari para Green Lantern Corps.

Setelah Sinetro berubah menjadi jahat, dia kemudian diusir oleh Guardians of the Universe ke Qward yang terletak di Anti-Matter Universe. Ketika dia kembali, Sinetro diketahui memiliki Power Ring yang menggunakan energi Yellow Lantern. Sinestro sendiri pada akhirnya berhasil dikalahkan Hal Jordan dan akhirnay dipenjara di dalam Central Power Battery. Namun, di sana dia menggunakan kekuatan cincinnya sebagai sumber untuk membangunkan Parallax dari hibernasi panjangnya.

9 Orange Lantern Corps

Ribuan tahun yang lalu, lima pencuri melakukan pencurian di planet Maltus yang dahulunya merupakan rumah bagi para Lantern Corps. Diantara banyak hal yang bisa mereka curi adalah sebuah kotak dan sebuah peta harta karun. Peta tersebut diciptakan oleh ilmuwan Krona Maltusian, yang mengarah keluar dari sistem ke Okaara yang berada jauh dalam Vega System.

Para pencuri tersebut kemudian melarikan diri dan membagikan peta tersebut ke dalam beberapa bagian. Titik kumpul mereka sendiri adalah Planet Okaara. Sesampainya di sana, mereka melakukan perjalanan ke Forest of Weeds. Sayangnya, mereka tersesat pada lokasi di mana harta karun tersebut berada. Ketika wilayah tersebut hancur tanpa mereka sadar bahwa ada Orange Power Battery menanti mereka.

Ketiga pencuri berusaha secara bersamaan untuk mengambil kotak itu sendiri. Para pencuri tersebut kemudian berusaha menggunakan kekuatan Power Battery tersebut. Dan didasadari oleh rasa sekarah yang begitu besar akhirnya mereka bisa menggunakan kekuatan tersebut.

Guardians dan skuadron Manhunters telah melacak jejak pencuri tersebut hingga ke Okaara. Sebagai pencuri, mereka berjuang untuk memiliki power battery, usaha dan keserakahan mereka membangunkan kekuatan itu. Orange Power Ring yang begitu besar sehingga membakar semua penghalang, sejumlah Guardias, dan salah satu pencuri. Namun, dari semuanya yang ada tersisa satu alien yang Larfleeze. Yang menarik adalah Orange Lanterns Corp hanya memiliki satu anggota.

8 White Lantern Corps

White Lantern Corps bisa dibilang merupakan salah satu kelompok Lantern Corps di DC Universe yang paling unik. Karena, kelompok ini tidak senjaga dibentuk dan tidak memiliki tugas yang luas seperti Green Lantern Corps. White Lantern Corps dibentuk oleh sosok bernama Entity untuk melawan Nekron dan Black Lantern Corps dan mengakhiri The Blackest Night.

White Lantern Corps muncul menjelang akhir cerita dari Blackes Night, setelah Thaal Sinestro yang telah menyerap Entity of Life malah membiarkan entitas tersebut keluar darinya. Tidak lama setelah itu terjadi, Hal Jordan menyerapnya sendiri dan menyebarkan kekuatannya pada sejumlah superhero di Bumi. Beberapa karakter superhero yang menerima kekuatan tersebut adalah Kid Flash, Superman, Superboy, Green Arrow, Donna Troy, dan masih banyak lagi.

Mereka semua kemudian bergabung menjadi satu kelompok yang kemudian disebut sebagai White Lantern Corps. Dengan menggabungkan semua kekuatan, mereka berhasil mengalahkan Herald of Death, Black Hand, sehingga membiarkan suku Indigo untuk mengambil haknya dan mengalahkan Nekron, Lord of the Unliving. Pada akhirnya, White Lantern Corps bubar setelah kejadian tersebut karena Life Entity telah lenyap.

7 Red Lantern Corps

Red Lantern Corps dibentuk oleh Atrocitus, karena kemarahannya yang disebabkan oleh Guardians of the Universe yang mana Martian Manhunter telah berhasil menghancurkan hampir seluruh sektor luar angkasa miliknya. Seperti Lantern Corps yang lain, Red Lanterns juga memanfaatkan emosi lain sebagai sumber kekuatan mereka. Dalam hal ini, mereka memanfaatkan kemarahan atau amarah sebagai sumber kekuatan.

Kekuatan Power Ring dari Red Lanterns menggunakan darah mereka sebagai sumber utama untuk digunakan sebagai senjata. Kekuatan tersebut terbukti memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang bahkan mampu membakar sesuatu. Bahkan, kekuatan dari Power Ring Red Lantern mampu untuk menghancurkan kekuatan dari Lantern Corps lain seperti Green Lantern Corps.

Seperti halnya Green Lanterns, Red Power Ring mampu menciptakan konstruksi energi. Namun, dengan kondisi mental mereka yang marah dan penuh dengan emosi membuat Red Lantern Corps berbeda dengan Green Lanterns. Mereka tidak berfokus untuk melumpuhkan atau menghentikan musuh melainkan menghancurkan semuanya. Mereka juga memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

6 Blue Lanterns Corps

Blue Lantern Corps dibentuk oleh Ganthet dan Sayd, dua mantan Green Lantern Corps. Karena berani mengakui The Black Night Prophecy, maka dari itu mereka diusir dari planet Oa. Setelah mereka diasingkan, Ganthet dan Sayd menetap di planet Odym untuk menciptakan Blue Power Ring pertama dan akhirnya Blue Lantern Corps pun tercipta. Mereka adalah kelompok Lanterns yang unik.

Blue Lanterns merupakan kelompok yang sangat cinta damai di mana mereka berusaha untuk menyebarkan cahaya biru harapan ke seluruh alam raya. Blue Lanterns mendapatkana kekuatan mereka dari entity of hope yaitu Adara. Keberadaan dari Blue Lanterns memang bukan untuk bertarung atau bertempur. Mereka berusaha meningkatkan harapan dari para makhluk hidup yang ada.

Berbeda dengan Green Lantern Corps yang mana Power Ring akan memilih orang-orang tertentu untuk menjadi penerusnya, Blue Lantern Corps memiliki sistem pemilihan yang unik. Setiap Blue Lantern dipilih oleh Blue Lantern dari sektor sebelumnya dan dibawa ke hadapan Ganthet dan Sayd di planet Odym untuk dievaluasi. Jika setelah tiga hari evaluasi mereka dianggap layak, kandidat tersebut kemudian dilantik menjadi Blue Lantern Corps dan memulai pencarian baru untuk Blue Lantern berikutnya. Kekuatan mereka bisa meningkatkan kedahsyatan dari Green Lantern Corps.

5 Black Lantern Corps

Lantern Corps di DC Universe selanjutnya adalah Black Lantern Corps. Mereka adalah Lantern Corps yang dianggap paling berbahaya dibandingkan yang lainnya. Pasalnya, Black Lantern Corps bukanlah sosok manusia atau alien melainkan mayat hidup. Hanya dengan satu kata, seluruh DC Universe bisa hancur. “Bangkit!” adalah kata yang diucapkan oleh Nekron, sang supervillain penguasa para makhluk yang sudah tewas.

Dengan mengucapkan kata tersebut, Nekron membangkitkan seluruh karakter, baik hero maupun villain, yang sudah tewas untuk bangkit kembali demi memenuhi perintahnya. Hal ini terjadi dalam event crossover, Blackest Night. Dalam cerita Blackest Night, kita akan diperkenalkan dengan pasukan Lantern Corps yang paling berbahaya Black Latern, sebuah pasukan yang berisi para karakter dari berbagai era di DC Universe.

Black Lantern mendapatkan kekuatannya dari Nekron, sang entitas dari kematian. Dia memanfaatkan kekuatan Anti-Matter untuk mengisi Black Lantern Power Battery dan menyebarkan kehancuran di bumi. Mereka tidak bergantung kepada spektrum emosional yang mana ini jadi salah satu alasan berbahaya. Satu-satunya cara untuk menghentikan mereka adalah dengan menghadirkan White Lantern Corps atau Indigo Lantern Corps.

4 Ultraviolet Lantern

Ultraviolet Corps atau UV Lantern adalah organisasi manusia super DC yang baru terungkap pada abad ke-21. Kelompok ini pertama kali muncul di komik Justice League Vol. 4 #2. UV Lantern baru muncul di DC Universe setelah Source Wall yang membatasi multiverse DC retak. Artinya, bukan tidak mungkin jika Lantern Corps yang satu ini berasal dari luar DC.

Yang jelas, semuanya bermula masuk atau lolosnya “matahari hidup” bernama Umbrax dari dari Source Wall ke universe DC. Setelah menemukan targetnya, Umbrax akan memberikan planet-planet tersebut energinya untuk kemudian menjadikan seluruh kehidupannya sebagai bagian dari Ultraviolet Corps atau UV Lantern. Pada kemunculan pertamanya, Umbrax pernah merekrut John Stewart, Green Lantern dari Bumi, sebagai anggota pertama UV Lantern.

Tidak seperti Lantern Corps lain yang hanya berfokus pada satu kekuatan emosi saja, para UV Lantern justru bisa memanfaatkan semua emosi negatif dari dirinya dan sekitarnya. Apa pun emosi negatifnya, baik kebencian, ketakutan, maupun kemarahan, seorang UV Lanterns bisa memanfaatkan semuanya. Artinya kekuatan mereka bisa berkali-kali lipat lebih besar dari Lantern lain. Menariknya, Power Ring milik UV Lantern sama sekali tidak berbentuk benda, melainkan tato bersinar yang terdapat di jari penggunanya. Selain itu, masih belum diketahui batasan maksimal dari UV Lanterns ini.

3 Indigo Lantern Corps

Kelompok Lantern Corps yang juga tidak kalah unik. Ini merupakan satu-satunya Lantern Corps yang merupakan suku alien. Mereka adalah kelompok nomaden dari Lantern Corps. Mereka mengalirkan kekuatan dari rasa sayang (compassion) dari sebuah entitas bernama Proselyte. Sebenarnya, pada awalnya, Indigo Tribe atau Suku Indigo merupakan kelompok yang sangat mengerikan tidak peduli dengan sekitarnya.

Mereka kemudian didaftarkan menjadi Lantern Corp untuk belajar tentang empati. Mereka muncul pertama kali sebagai ancaman bagi para Black Lantern Corps yang mengancam kehancuran dari seluruh hal yang ada di alam raya. Mereka akan berubah menjadi agresif ketika memang diperlukan. Diantara para Lanterns, kekuatan dari Indigo Lantern masih jadi salah satu misteri besar.

Hal ini karena mereka tidak menggunakan berbagai hal yang biasa digunakan seperti cincin sebagai sumber kekuatan mereka. Indigo Lantern juga bisa menggunakan berbagai macam kemampuan yang aneh dan unik. Selain itu, mereka juga bisa membuat siapapun yang ada di sekitarnya menjadi sosok yang kuat seolah-olah mereka menjadi bagian dari kelompok tersebut.

2 Star Sapphire Corps

Salah satu Lantern Corps yang paling berbahaya dan juga sangat kuat lainnya di DC Universe. Star Sapphire Corps merupakan Lantern Corps yang seluruhnya adalah wanita. Mereka mengalirkan salah satu emosi terkuat yang ada di alam raya yaitu cinta. Carol Ferris awalnya merupakan satu-satunya dari Star Sapphire Corps. Pada saat itu, bangsa Zamarons memberikan kekuatannya kepada Carol.

Mereka memberikan kekuatan dahsyat melalui sebuah violet crystal. Efeknya adalah penggunanya akan mengalami sebuah emosi impulsif dari sisi gelap cinta. Kekuatan tersebut menjadi sangat tidak terkendali. Inilah alasan mengapa kemudian Carol sempat jadi villain yang dihadapi oleh Hal Jordan. Namun, bangsa Zamarron kemudian berhasil untuk mengendalikan kekuatan tersebut.

Kekuatan tersebut yang kemudian menjadi awal mula terbentuknya Star Sapphire Corps. Meskipun kekuatan dari Star Sapphire sangat dahsyat sebenarnya kekuatan mereka bisa dibilang sangat mengerikan dan seolah menjadi parasit bagi yang lain. Orang-orang yang menjadi korban kekuatan kelompok ini akan membutuhkan rasa untuk dicintai yang sangat besar. Wonder Woman hampir saja tidak bisa lepas dari kekuatan ini.

1 Gold Lantern Corps

Lantern Corps di DC Universe yang terakhir adalah Gold Lantern. Ini merupakan Lantern Corps terbaru yang diperkenalkan dalam ceritanya. Ribuan tahun sebelum masa sekarang, sekelompok orang yang disebut sebagai the Elders of Oa mencari seorang guru sekolah muda bernama Kala Lour. Mereka meyakini bahwa Kala adalah harapan dari para Lantern untuk era yang baru.

Terkait dengan hal tersebut, the Elders of Oa kemudian meminjamkan sebuah cincin emas kepada Kala. Bisa dibilang, Gold Lantern Corps adalah “nenek moyang” dari era baru para Lantern corps. Dialah yang pertama dari era baru tersebut dan dengan kekuatannya tersebut Kala yang akan menentukan apakah pada masa depan akan membangun sebuah corps yang penuh dengan anggota lainnya.

Dalam ceritanya, ketika Kala menggunakan Power Ring tersebut memang kekuatannya berkaitan dengan kekuatan tekad. Namun, cincin tersebut tidak seperti halnya Power Ring dari para Green Lantern. The Elder of Oa memberikan sinyal bahwa kekuatan dari cincin tersebut bahkan memiliki koneksi dengan berbagai spektrum emosi lain dan tidak hanya satu saja.

Dalam sejarah kemunculam DC Comics, nyatanya para Lantern Corps memiliki mitologi yang sangat luas dan besar. Meskipun Green Lantern menjadi kelompok yang paling sering untuk dihadirkan dalam cerita komik, namun pada kenyataanya ada banyak Lantern Coprs lain yang mungkin tidak banyak orang lain ketahui.

Exit mobile version