Dalam cerita Lord of the Rings, The One Ring merupakan artefak yang sangat dahsyat dan ada berbagai efek samping yang dirasakan penggunanya. Dalam mitologi garapan J.R.R. Tolkien tersebut The One Ring merupakan cincin yang memang sengaja dibuat oleh Sauron. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengendalikan para penguasa kuat di Middle-Earth agar dia bisa menjadi penguasa tunggal di sana. Dengan kedahsyatan dari The One Ring tidak mengherankan akan ada efek samping yang dirasakan penggunanya. Apa saja?

5Peningkatan Kekuatan

Efek samping dari penggunaan The One Ring yang pertama dan yang paling jelas adalah  peningkatan kekuatan dari sang pengguna. Dalam buku The Letters of J.R.R. Tolkien dijelaskan bahwa sama halnya seperti semua Rings of Power, The One Ring mampu meningkatkan kekuatan alami dari sang penggunanya. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa cincin ini begitu diperebutkan banyak orang.

Dalam sejarahnya, Sauron sengaja membuat cincin ini untuk bisa menguasai dunia Middle-Earth. Dia bekerja sama dengan Celebrimbor untuk membuat cincin yaitu Rings of Power yang memang bisa meningkatkan kekuatan penggunanya. Namun, berbeda dengan Rings of Power, Sauron membuat sendiri The One Ring tanpa bantuan dari sang elf. Kekuatan dari The One Ring jelas lebih dahsyat dari Rings of Power.

Dalam ceritanya pun diketahui bagaimana banyak orang yang memiliki hasrat untuk bisa menjadi lebih kuat. Inilah alasannya mengapa banyak orang yang memperebutkan cincin tersebut. Bahkan, mereka rela menghabisi nyawa orang terdekatnya. Raja Isildur bahkan tidak mau menghancurkan cincin tersebut yang jadi katalis dari peristiwa di film LOTR. Dan meskipun Sauron sudah kuat, namun dengan bantuan cincin ini dia akan menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Karena itu, Frodo berencana menghancurkannya di Mount Doom.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.