Dalam cerita Lord of the Rings, The One Ring merupakan artefak yang sangat dahsyat dan ada berbagai efek samping yang dirasakan penggunanya. Dalam mitologi garapan J.R.R. Tolkien tersebut The One Ring merupakan cincin yang memang sengaja dibuat oleh Sauron. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengendalikan para penguasa kuat di Middle-Earth agar dia bisa menjadi penguasa tunggal di sana. Dengan kedahsyatan dari The One Ring tidak mengherankan akan ada efek samping yang dirasakan penggunanya. Apa saja?

4Mampu Memengaruhi Orang Lain

The Letters of J.R.R. Tolkien juga menjelaskan bahwa selain memberikan peningkatan kekuatan alami yang sangat signifikan, pengguna dari The One Ring juga akan merasakan efek dahsyat lain. Efek lain tersebut adalah mereka akan mampu mendominasi dan memberikan perintah kepada orang lain. Contohnya adalah ketika Sauron menggunakan kekuatan cincin dahsyat ini untuk memengaruhi bangsa Numenor.

Sauron berhasil memngaruhi dan mengendalikan bangsa Numenor tersebut untuk menyerang Valinor. Peristiwa inilah yang membuat para Malar marah besar dan akhirnya memutuskan untuk menenggelamkan dan menghancurkan seluruh wilayah kerajaan Numenor beserta Sauron. Namun, dia berhasil selamat setelah serpihan jiwanya menyatu kembali dengan cincin tersebut.

Contoh lainnya adalah bagaimana Boromir juga sangat berhasrat untuk memiliki The One Ring dan menggunakan kekuatannya untuk meraih kesetiaan para rakyatnya. Selain itu, cincin ini juga dia gunakan untuk memerintahkan seluruh rakyatnya menyerang wilayah Mordor. Dan The One Ring juga bisa membuat pemiliknya mengendalikan pikiran siapapun yang menggunakan Ring of Power. Inilah alasan Sauron membuat cincin tersebut dan membagikannya kepada seluruh penguasa seperti bangsa elf dan manusia.