Dalam cerita Lord of the Rings, The One Ring merupakan artefak yang sangat dahsyat dan ada berbagai efek samping yang dirasakan penggunanya. Dalam mitologi garapan J.R.R. Tolkien tersebut The One Ring merupakan cincin yang memang sengaja dibuat oleh Sauron. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengendalikan para penguasa kuat di Middle-Earth agar dia bisa menjadi penguasa tunggal di sana. Dengan kedahsyatan dari The One Ring tidak mengherankan akan ada efek samping yang dirasakan penggunanya. Apa saja?

3Menghilang

Efek dari The One Ring lainnya adalah bisa membuat penggunanya menghilang. Namun, ada catatan khusus untuk hal ini di mana hanya para manusia (Men) yang bisa merasakan efek tersebut. Ketika mereka menggunakan cincin tersebut sebagian dari fisik mereka akan “berpindah” ke dunia lain yang disebut sebagai ‘Wraith-World.’ Bagi mereka yang ada di alam nyata atau dunia nyata, penggunanya akan menghilang.

Diketahui hanya bayangan mereka yang kemudian terlihat. Meskipun begitu, beberapa pihak diketahui justru bisa dengan jelas melihat pengguna cincin tersebut. Ketika mereka terkena cahaya langsung di bawah matahari. efek menghilang tersebut tidak akan berpengaruh. Selain itu, para manusia yang menggunakan cincin tersebut akan mengalami penurunan penglihatan mereka.

Tetapi, indera pendengaran mereka meningkat dengan drastis. Ini yang kemudian terjadi kepada Frodo Baggins, di mana dia memutuskan untuk menggunakan cincinnya ketika berada di Mount Doom. Hal tersebut untuk membuat dia menghilang dan tidak terlihat oleh Sauron. Sayangnya, sejauh ini, belum ada penjelasan bagaimana kemudian efek jika cincin tersebut digunakan oleh para elf dan sebagainya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.