Dalam cerita Lord of the Rings, The One Ring merupakan artefak yang sangat dahsyat dan ada berbagai efek samping yang dirasakan penggunanya. Dalam mitologi garapan J.R.R. Tolkien tersebut The One Ring merupakan cincin yang memang sengaja dibuat oleh Sauron. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengendalikan para penguasa kuat di Middle-Earth agar dia bisa menjadi penguasa tunggal di sana. Dengan kedahsyatan dari The One Ring tidak mengherankan akan ada efek samping yang dirasakan penggunanya. Apa saja?

2Merubah Seseorang Menjadi Makhluk Mengerikan

Disadari atau tidak ini adalah salah satu efek dari The One Ring yang mengerikan. Seseorang bisa mengalami transformasi atau perubahan menjadi makhluk yang tidak mereka duga sebelumnya ketika menyimpan cincin tersebut terlalu lama. Smeagol adalah contoh nyata dari hal ini. Ketika sepupunya, Deagol, berhasil menemukan The One Ring hal tersebut membuat Smeagol ingin memilikinya.

Smeagol tidak berpikir panjang untuk menghabisi nyawa dari saudaranya tersebut ketika Deagol tidak mau memberikannya. Smeagol sendiri akhirnya menyimpan The One Ring selama kurang lebih 500 tahun sebelum kemudian dia kehilangan cincin tersebut dan ditemukan oleh Frodo. Efek samping dari Smeagol menyimpan The One Ring terlalu lama adalah dia berubah menjadi makhluk bernama Gollum.

Menurut ceritanya, perubahan tersebut terjadi akibat pengaruh yang luar biasa dari cincin magis tersebut. Selain mampu merubah Smeagol menjadi Gollum, cincin tersebut juga berhasil memengaruhi Smeagol untuk tinggal di Misty Mountains yang mana lokasi tersebut dekat dengan lokasi dari para Orcs berada. Dan di tempat situ juga Sauron perlahan mulai kembali lagi di era Third Age.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.