Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Efek Samping The One Ring di Lord of the Rings!

5 Efek Samping The One Ring di Lord of the Rings!

Dalam cerita Lord of the Rings, The One Ring merupakan artefak yang sangat dahsyat dan ada berbagai efek samping yang dirasakan penggunanya. Dalam mitologi garapan J.R.R. Tolkien tersebut The One Ring merupakan cincin yang memang sengaja dibuat oleh Sauron. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengendalikan para penguasa kuat di Middle-Earth agar dia bisa menjadi penguasa tunggal di sana. Dengan kedahsyatan dari The One Ring tidak mengherankan akan ada efek samping yang dirasakan penggunanya. Apa saja?

5 Peningkatan Kekuatan

Efek samping dari penggunaan The One Ring yang pertama dan yang paling jelas adalah  peningkatan kekuatan dari sang pengguna. Dalam buku The Letters of J.R.R. Tolkien dijelaskan bahwa sama halnya seperti semua Rings of Power, The One Ring mampu meningkatkan kekuatan alami dari sang penggunanya. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa cincin ini begitu diperebutkan banyak orang.

Dalam sejarahnya, Sauron sengaja membuat cincin ini untuk bisa menguasai dunia Middle-Earth. Dia bekerja sama dengan Celebrimbor untuk membuat cincin yaitu Rings of Power yang memang bisa meningkatkan kekuatan penggunanya. Namun, berbeda dengan Rings of Power, Sauron membuat sendiri The One Ring tanpa bantuan dari sang elf. Kekuatan dari The One Ring jelas lebih dahsyat dari Rings of Power.

Dalam ceritanya pun diketahui bagaimana banyak orang yang memiliki hasrat untuk bisa menjadi lebih kuat. Inilah alasannya mengapa banyak orang yang memperebutkan cincin tersebut. Bahkan, mereka rela menghabisi nyawa orang terdekatnya. Raja Isildur bahkan tidak mau menghancurkan cincin tersebut yang jadi katalis dari peristiwa di film LOTR. Dan meskipun Sauron sudah kuat, namun dengan bantuan cincin ini dia akan menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Karena itu, Frodo berencana menghancurkannya di Mount Doom.

4 Mampu Memengaruhi Orang Lain

The Letters of J.R.R. Tolkien juga menjelaskan bahwa selain memberikan peningkatan kekuatan alami yang sangat signifikan, pengguna dari The One Ring juga akan merasakan efek dahsyat lain. Efek lain tersebut adalah mereka akan mampu mendominasi dan memberikan perintah kepada orang lain. Contohnya adalah ketika Sauron menggunakan kekuatan cincin dahsyat ini untuk memengaruhi bangsa Numenor.

Sauron berhasil memngaruhi dan mengendalikan bangsa Numenor tersebut untuk menyerang Valinor. Peristiwa inilah yang membuat para Malar marah besar dan akhirnya memutuskan untuk menenggelamkan dan menghancurkan seluruh wilayah kerajaan Numenor beserta Sauron. Namun, dia berhasil selamat setelah serpihan jiwanya menyatu kembali dengan cincin tersebut.

Contoh lainnya adalah bagaimana Boromir juga sangat berhasrat untuk memiliki The One Ring dan menggunakan kekuatannya untuk meraih kesetiaan para rakyatnya. Selain itu, cincin ini juga dia gunakan untuk memerintahkan seluruh rakyatnya menyerang wilayah Mordor. Dan The One Ring juga bisa membuat pemiliknya mengendalikan pikiran siapapun yang menggunakan Ring of Power. Inilah alasan Sauron membuat cincin tersebut dan membagikannya kepada seluruh penguasa seperti bangsa elf dan manusia.

3 Menghilang

Efek dari The One Ring lainnya adalah bisa membuat penggunanya menghilang. Namun, ada catatan khusus untuk hal ini di mana hanya para manusia (Men) yang bisa merasakan efek tersebut. Ketika mereka menggunakan cincin tersebut sebagian dari fisik mereka akan “berpindah” ke dunia lain yang disebut sebagai ‘Wraith-World.’ Bagi mereka yang ada di alam nyata atau dunia nyata, penggunanya akan menghilang.

Diketahui hanya bayangan mereka yang kemudian terlihat. Meskipun begitu, beberapa pihak diketahui justru bisa dengan jelas melihat pengguna cincin tersebut. Ketika mereka terkena cahaya langsung di bawah matahari. efek menghilang tersebut tidak akan berpengaruh. Selain itu, para manusia yang menggunakan cincin tersebut akan mengalami penurunan penglihatan mereka.

Tetapi, indera pendengaran mereka meningkat dengan drastis. Ini yang kemudian terjadi kepada Frodo Baggins, di mana dia memutuskan untuk menggunakan cincinnya ketika berada di Mount Doom. Hal tersebut untuk membuat dia menghilang dan tidak terlihat oleh Sauron. Sayangnya, sejauh ini, belum ada penjelasan bagaimana kemudian efek jika cincin tersebut digunakan oleh para elf dan sebagainya.

2 Merubah Seseorang Menjadi Makhluk Mengerikan

Disadari atau tidak ini adalah salah satu efek dari The One Ring yang mengerikan. Seseorang bisa mengalami transformasi atau perubahan menjadi makhluk yang tidak mereka duga sebelumnya ketika menyimpan cincin tersebut terlalu lama. Smeagol adalah contoh nyata dari hal ini. Ketika sepupunya, Deagol, berhasil menemukan The One Ring hal tersebut membuat Smeagol ingin memilikinya.

Smeagol tidak berpikir panjang untuk menghabisi nyawa dari saudaranya tersebut ketika Deagol tidak mau memberikannya. Smeagol sendiri akhirnya menyimpan The One Ring selama kurang lebih 500 tahun sebelum kemudian dia kehilangan cincin tersebut dan ditemukan oleh Frodo. Efek samping dari Smeagol menyimpan The One Ring terlalu lama adalah dia berubah menjadi makhluk bernama Gollum.

Menurut ceritanya, perubahan tersebut terjadi akibat pengaruh yang luar biasa dari cincin magis tersebut. Selain mampu merubah Smeagol menjadi Gollum, cincin tersebut juga berhasil memengaruhi Smeagol untuk tinggal di Misty Mountains yang mana lokasi tersebut dekat dengan lokasi dari para Orcs berada. Dan di tempat situ juga Sauron perlahan mulai kembali lagi di era Third Age.

1 Mewujudkan Hasrat Terpendam

Hal yang menjadi efek dari The One Ring yang terakhir, selain bisa memberikan kekuatan kepada penggunanya, adalah mewujudkan hasrat atau keinginan terpendam dari sang pemilik. Ini juga jadi alasan mengapa banyak orang yang mengincar The One Ring. Siapapun yang ada di dekat cincin tersebut biasanya akan terkena pengaruh dari cincin tersebut untuk mewujudkan mimpinya.

Meskipun begitu, hasrat terpendam yang baisanya akan muncul dan terwujud oleh cincin ini adalah yang berkaitan dengan kekuasaan, kemenangan, dan sebagainya. Ini yang kemudian membuat efek cincinnya berbeda ketika digunakan oleh para Hobbit. Contohnya adalah ketika Sam menggunakan cincin tersebut isi kepalanya justru berisi fantasi atau khayalan untuk berpetualang menuju Barad-Dur.

Dalam khayalan tersebut nampak bagaimana Sam terlihat sebagai sosok pahlawan. Hal ini biasanya sangat sulit untuk bisa “ditaklukan” oleh siapapun. Namun, yang menariknya adalah ketika kemudian seseorang mampu untuk menahan dan menolak pengaruh yang sangat luar biasa dari The One Ring, maka mereka akan bisa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang sama seperti Sauron.

The One Ring menjadi sebuah artefak yang sangat berbahaya yang bisa membuat penggunanya menjadi kuat. Namun, di satu sisi, cincin ini juga bisa merubah penggunanya menjadi sangat jahat. Hal tersebut karena The One Ring diketahui dibuat dari kegelapan dan kejahatan oleh Sauron.

Exit mobile version