Robot kuno dalam cerita One Piece kemungkinan adalah musuh Joy Boy di masa lalu dan robot tersebut mencoba untuk menebus kesalahannya. Kemunculan robot kuno di arc Egghead nyatanya memberikan kontribusi yang cukup besar bagi alur ceritanya. Robot kuno tersebut bahkan memiliki peranan yang signifikan terkait dengan masa lalu. Yang menarik adalah terdapat sebuah teori di kalangan fans yang berkaitan dengan robot tersebut.

2Robot Kuno Musuh Joy Boy

Ada beberapa fakta menarik mengenai robot kuno yang sudah terungkap sejauh ini. Yang pertama adalah dia memiliki nama yaitu Emth. Yang kedua adalah robot kuno ini memiliki tugas yang masih misterius. Di chapter 1119 sendiri muncul kilas balik Joy Boy yang memberintahkan robot kuno ketika waktunya tiba. Namun, momen tersebut kemudian dipotong dan belum jelas apa tugas tersebut.

Yang ketiga adalah bagaimaan robot kuno tersebut meminta maaf terhadap Joy Boy. Dengan semua fakta-fakta tersebut muncul teori atau spekulasi yang menarik di kalangan fans. Teorinya sendiri menyebutkan jika robot kuno tersebut kemungkinan adalah musuh masa lalu Joy Boy. Petunjuk pertama dari teori tersebut tidak lain adalah nama dari robot kuno yaitu Emeth.

Menurut teorinya, nama Emeth atau Iron Giant sendiri kemungkinan terinspirasi dari cerita cerita The Chronicles of Narnia karangan C.S. Lewis. Karakternya muncul dalam novel The Last Battle. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Emeth berhasil diselamatkan oleh Aslan. Di sepanjang ceritanya Emeth dimanfaatkan untuk mengelabui para penduduk dari Narnia. Bahkan, robot tersebut dimanfaatkan untuk menyerang Aslan.

Tetapi, Aslan memutuskan untuk mengampuninya dan menolong robot kuno itu agar tindakan tersebut dihentikan. Dalam konteks One Piece, Joy Boy adalah sosok Aslan yang sempat menjadi target dari Emeth atau sang robot kuno. Robot kuno tersebut menjadi musuh dari sosok Joy Boy sampai kemudian dia mengampuni robot kuno itu terlepas dari apa yang sudah dia lakukan.

Hal tersebut kemungkinan jadi penjelasan mengapa kemudian Emeth atau sang robot kuno meminta maaf kepada Joy Boy. Di chapter 1119 Joy Boy memberikan perintah kepada Emeth untuk melakukan sesuatu. Hal tersebut kemungkinan adalah cara bagi Emeth untuk menebus kesalahannya yaitu berbuat kebaikan dan menuruti apa yang Joy Boy ucapkan. Dengan kata lain, jika Emeth bisa memenuhi permintaan Joy Boy maka kesalahannya akan benar-benar diampuni.

Menebak Kegagalan Misi Robot Kuno – Ke Halaman 3