Home COMIC COMIC FEATURES 10 Karakter X-Men Dengan Superpower Yang Sama!

10 Karakter X-Men Dengan Superpower Yang Sama!

Meskipun Marvel Comics menghadirkan banyak sekali karakter X-Men dalam ceritanya, namun sebagian memiliki superpower yang sama. Seperti halnya para karakter Avengers di Marvel Comics, para mutant di cerita X-Men juga memiliki kekuatan yang beragam. Tetapi, tidak jarang juga beberap karakter mutant tersebut memiliki kekuatan yang sama antara satu karakter dengan yang lain. Berikut adalah karakter X-Men dengan superpower yang sama.

10 Sabretooth dan Wolverine

Karakter X_Men dengan superpower yang sama yang pertama adalah Sabretooth dan Wolverine. Dalam cerita di Marvel Comics para fans banyak yang sudah mengetahui jika Sabretooth merupakan musuh bebuyutan dari Wolverine. Pertarungan sudah menjadi sesuatu yang pasti bakal terjadi, jika keduanya saling bertemu. Padahal, dahulu Victor Creed dan Logan pernah bekerja sama sebagai tentara bayaran.

Perselisihan antara Logan dan Sabretooth sendiri terjadi saat Logan memutuskan untuk mundur dari pekerjaannya. Hal ini terjadi ketika Logan bertemu dengan seorang wanita bernama Silver Fox. Akhirnya, dia memutuskan untuk berhenti dan memulai hidup normal di Kanada. Merasa dikhianati, bos Wolverine kemudian memerintahkan Sabretooth untuk menemukannya. Dia pun kemudian berhasil menemukan Logan.

Setelah itu, Sabretooth memutuskan untuk menyiksanya dan melukai Silver Fox sebelum kemudian menghabisi nyawanya. Baik Wolverine dan Sabretooth sama-sama memiliki kemampuan indra penciuman dan indra binatang buas yang luar biasa. Mereka juga sama-sama memiliki healing factor dan cakar. Perbedaanya aadalah jika Wolverine memiliki cakar dari balik punggung tangannya yang terbuat dari adamantium, Sabretooth memiliki cakar di ujung jari tangan.

9 Daken Dan X-23

Masih berkaitan dengan Wolverine, karakter X-Men yang memiliki superpower sama yaitu Daken dan X-23. Bernama asli Akihiro, Daken menjadi anak kandung dari superhero Wolverine alias Logan, hasil hubungannya dengan seorang wanita Jepang bernama Itsu. Seperti ayahnya, Daken memiliki healing factor yang sangat cepat, yang memungkinkannya untuk pulih dari luka serius dengan cepat. Dia juga menua dengan sangat lambat, membuatnya tampak awet muda.

Di sisi lain, X-23 pertama kali muncul dalam komik NYX #3 yang rilis pada 2004 sebelum mendapatkan peran yang lebih besar dalam komik X-Men: Evolution dan X-23: Innocence Lost yang diterbitkan pada tahun yang sama. X-23 juga dikenal sebagai Laura Kinney, yang merupakan kloning dari Wolverine. Dia diciptakan dari sampel DNA Wolverine yang diambil selama program Weapon X berlangsung.

Seperti halnya Daken, X-23 juga mewarisi berbagai kekuatan dan kemampuan dari Wolverine. Conothnya adalah healing factor yang membuat dia bisa sembuh dengan sangat cepat. Baik Daken ataupun X-23 diketahui juga sama-sama memiliki cakar di tangan mereka. Meskipun begitu, cakar yang mereka miliki hanya berjumlah tiga. Dan cakar ketiga sendiri terletak di bagian tubuh yang berbeda. Contohnya X-23 yang memiliki cakar ketiga di kakinya.

8 Magneto Dan Polaris

Walaupun Magneto terkenal sebagai salah satu anggota dewan Krakoa yang menjaga perdamaian wilayahnya, tetapi sebelumnya dia terkenal sebagai pendiri sekaligus pemimpin dari kelompok mutan jahat yang disebut Brotherhood of Evil. Magneto bukanlah seorang karakter antagonis yang berniat menghancurkan umat manusia tanpa alasan apapun. Kebenciannya atas umat manusia berasal dari latar belakangnya yang tragis.

Meskipun mayoritas cerita memperkenalkan Wanda dan Pietro Maximoff sebagai anak dari Magneto, sebenarnya dia memiliki seorang putri lain yang bernama Polaris. Lorna Dane alias Polaris adalah anggota tim mutan X-Men yang ternyata adalah anak dari Magneto yang bahkan mewarisi jiwa kepemimpinannya. Polaris terlihat sangat membenci Magneto ketika dia menjadi sosok villain.

Tetapi, sekarang dengan posisi baru Magneto tampaknya Polaris mulai memandangnya sebagai ayah. Kedua mutant ini diketahui sama-sama memiliki superpower yang dahsyat dalam hal medan magnet. Mereka berdua sama-sama mampu untuk mengendalikan medan magnet seperti mengendalikan berbagai material besi yang ada di bumi, hingga mengebndalikan medan magnet dari bumi.

7 Morph Dan Mystique

Mystique adalah salah satu karakter villian yang mana alasan pribadinya justru berakibat fatal bagi seluruh alam raya ini. Mystique diketahui memiliki keinginan untuk membentuk kembali Brotherhood of Evil Mutants dan juga menghabisi politisi anti mutan, Robert Kelly. Jika biasanya hal ini berhasil X-Men hentikan, namun hal berbeda terjadi dalam cerita Days of Future Past.

Yang kemudian menjadi superpower dari Mystique sendiri adalah shapeshifting atau perubahan wujud. Dia bisa berubah menjadi siapapun dan menirukan siapapun. Inilah yang membuat Mystique merupakan sosok yang berbahaya. Namun, di sisi lain, ada juga karakter X-Men yang memiliki superpower yang sama dengan Mystique yaitu Morph. Dia merupakan bagian dari tim the Exiles.

Meskipun sama-sama memiliki superpower dalam hal shapeshifting atau berubah wujud, yang membedakan antara keduanya adalah bagaimana mereka menggunakan superpower tersebut. Dalam hal ini, ketika Mystique banyak menggunakan kemampuan perubahan bentuk tersebut untuk hal yang serius Morph justru banyak menggunakannya untuk hal-hal yang berbau humor.

6 Jubilee Dan Boom-Boom

Jubilee adalah seorang mutan yang melakukan debutnya sebagai sidekick Wolverine di komik Uncanny X-Men #244 yang rilis di tahun 1989. Kekuatan Jubilee sangat unik di mana dia mempunyai kemampuan untuk memanipulasi energi dan menggunakannya seperti kembang api. Meskipun kemuncuan pertama kalinya kurang begitu berhasil, karena kekuatannya dianggap terlalu biasa, pada akhirnya banyak penggemar yang mulai menyukai Jubilee.

Di sisi lain, karakter Boom-Boom sendiri pertama kali diperkenalkan di komik Secret Wars II tahun 1985 sebelum kemudian dia bergabung dengan tim X-Terminators yang dipimpin oleh Cyclops. Superpower dari Boom-Boom sendiri diketahui dia mampu menciptakan sebuah bola energi berwarna kuning. Namun, bola energi tersebut bisa menghasilkan daya ledak yang sangat luar biasa.

Dua superpower dari dua karakter ini bisa dibilang sangat mirip. Namun, ada perbedaan yang sangat signifikan dari kedua kekuatan tersebut. Ketika superpower dari Boom-Boom nampak lebih berbahaya, tetapi untuk level kekuatan dari Jubilee sebenarnya jauh lebih mengerikan. Dalam komiknya dijelaskan bahwa Jubilee mampu meledakan benda sampai ke level subatom.

5 Cable Dan Stryfe

Nathan Summer alias Cable adalah salah satu mutan yang populer di kalangan fans. Seperti yang diperlihatkan dalam Marvel Comics bahwa Nathan alias Cable lahir dari pasangan Scott Summers dan Jean Grey (Madelyne Pryor). Pada awalnya, Cable hanyalah mutan biasa sampai kemudian dia terinfeksi virus techno-organic oleh Apocalypse yang mengubah tubuh bagian kirinya menjadi seperti logam.

Nathan sendiri kemudian di bawa ke masa depan oleh adiknya dari masa depan untuk mengobati virus tersebut. Saat berada di masa depan, kloning dari Nathan pun muncul dengan nama Stryfe yang diadopsi dari Apocalypse dari masa depan. Stryfe sendiri kemudian menjadi salah satu musuh besar para mutan. Dia yang bahkan bertanggung jawab menyebarkan Legacy Virus yang membuat banyak mutan tewas.

Seperti halnya Daken dan Laura Kinney yang merupakan kloning dan anak dari Logan, sehingga mereka memiliki kemampuan dari Wolverine. Hal ini juga yang kemudian terjadi kepada Cable dan Stryfe di mana mereka sama-sama memiliki kekuatan telekinesis dan juga telepati. Yang menarik adalah di awal kemunculan Stryfe dia diperlihatkann memiliki keunggulan dari superpower yang mereka miliki. Namun, di era modern sekarang mereka berdua diperlihatkan memiliki kemampuan yang seimbang.

4 Stepford Cuckoos Dan Emma Frost

Karakter X-Men yang memiliki superpower serupa adalah Stepford Cuckoos dan Emma Frost. Dalam cerita Marvel Comics, Emma Frost merupakan salah satu karakter X-Men yang populer dan sangat berpengaruh. Dia dalah karakter yang cukup kompleks, di mana di awal kemunculannya Emma diperkenalkan sebagai seorang villain. Namun, dalam beberapa cerita diperlihatkan juga bagaimana Emma jadi sosok penting yang berhasil menyelamatkan para mutan dan dunia.

Para fans sempat dikejutkan dengan kemunculan tiga orang bersaudara Stepford Cuckoos dalam komik New X-Men #118, di mana mereka memiliki kekuatan telepati yang luar biasa dahsyat yang sangat mirip dengan Emma Frost. Namun, dalam X-Men Phoenix Warsong kemudian terungkap jika Stepford Cuckoos merupakan bagian dari proyek kloning besar-besaran dari Emma Frost.

Proyek kloning tersebut dilakukan oleh seorang villain bernama Sublime. Diketahui bahwa Sublime menghasilkan ribuan kloning Emma Frost. Namun, hanya lima yang berhasil aktif dan tiga dari lima kloning tersebut sering ambil bagian dalam misi X-Men. Ketiga karakter ini adalah Celeste, Phoebe, dan Mindee. Mereka pada akhirnya memutuskan untuk melawan tujuan awal mereka dan jadi sekutu dari X-Men.

3 Nightcrawler Dan Blink

Tumbuh sebagai seorang ikon sirkus, Nightcrawler yang mempunyai nama asli Kurt Wagner pada akhirnya menyadari bahwa dia adalah anak dari villain mutan Mystique. Itulah mengapa Nightcrawler mempunyai kulit berwarna biru. Sedangkan, untuk kekuatan teleportasinya dia ternyata mewarisinya dari seorang mutan iblis bernama Azazel. Jadi, dengan kata lain Nightcrawler merupakan anak pasangan villain.

Terlepas dari fakta bahwa kedua orang tua yang pada dasarnya adalah villain, hal tersebut ternyata tidak menghentikan Nightcrawler untuk menjadi mutan baik dan bergabung dengan X-Men. Namun, ada karakter mutan yang ternyata memiliki superpower yang sa,a dengan Nightcrawler yaitu Blink. Dia merupakan karakter yang berasal dari unieverse alternatif yaitu Age of Apocalypse sebelum kemudian berhasil pindah ke universe utama dari Marvel.

Blink kemudian menjadi pemimpin dari kelompok The Exiles. Meskipun keduanya memiliki kemampuan teleportasi, tetapi perbedaan utamanya adalah bagaimana sistem teleportasi tersebut bekerja. Dalam hal ini, ketika Blink melakukan teleportasi dengan membuka portal dan kemudian dia bisa mengajak siapapun untuk pergi bersamanya Nightcrawler perlu proses yang rumit. Dia akan pergi menuju Limbo dan bisa pergi ke tempat yang ada dalam pikirannya.

2 Longshot Dan Domino

Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa superhero wanita dari X-Men ini akan terkenal seperti sekarang. Terlepas dari penampilannya yang tidak biasa, Domino mempunyai kemampuan yang bisa dibilang aneh dan unik yang berkaitan dengan probabilitas atau kemungkinan. Dalam hal ini, Domino memiliki superpower di mana dia selalu beruntung dalam segala hal.

Meskipun begitu, sebenarnya kemampuan keberuntungan dan probabilitas tersebut belum banyak penjelasan detilnya. Dalam hal ini, bahkan Domino sekalipun tidak bisa menjelaskan secara detil alasan atau cara dari kemampuannya tersebut. Berkaitan dengan kemungkinan dan propbabilitas, karakter lainnya yang memiliki superpower yang sama adalah Longshot. Seperti halnya Domino, karakternya mungkin tidak banyak diketahui.

Longshot merupakan budak yang dihadirkan melalui rekayasa genetik yang memiliki kehendak bebas. Dia kemudian memutuskan untuk melawan penciptanya yang ada di Mojoworld. Longshot memang memiliki keuntungan yang mana sebenarnya hal tersebut seharusnya menjadi milik orang lain. Sementara itu, Domino memiliki keberuntungan dan bisa memanipulasi kemungkinan akibat kekuatan telekinesis.

1 Professor X Dan Jean Grey

Karakter X-Men yang memiliki superpower yang sama terakhir adalah Profesor X dan juga Jean Grey. Untuk hal yang satu ini, rasanya banyak orang yang menyadari hal tersebut. Dengan kekuatan Phoenix Force dalam dirinya, Jean Grey menjadi salah satu karakter mutan terkuat di Marvel Comics sekaligus juga jadi salah satu ancaman besar bagi bumi dan alam raya ini.

Hal ini karena Phoenix Force adalah salah satu kekuatan kosmik tertua di Marvel Universe dipadukan dengan kemampuan telekinesis milik Jean yang bahkan Professor X sendiri sulit untuk mengendalikannya wajar jika dia jadi salah satu yang terkuat. Di sisi lain, Professor X juga merupakan karakter yang memiliki kemampuan telepati yang paling dahsyat di bumi yang membuatnya untuk bisa memberikan perintah apapun kepada para mutan.

Namu, jika membandingkan kekuatan telepati dari kedua karakter ini Jean Grey dianggap sebagai yang nomor dua terbaik. Meskipun dia memiliki kemampuan Phoenix Force, Jean Grey tidak mampu mengendlaikan pikirannya tersebut. Dengan kekuatan dahsyat dari Phoenix Force ditambah juga dengan kemampuan telepati miliknya, tidak mengherankan jika dia bisa jadi sosok yang kuat di Marvel Universe.

Kekuatan super atau superpower dari para karakter X-Men memang ada yang beragam. Namun, Marvel Comics juga tidak jarang mengahdirkan superpower yang sama satu sama lain. Dan yang menarik adalah antara karakter yang memiliki superpower ini tidak jarang juga memiliki koneksi, seperti anak dan orang tua atau hal lain.

Exit mobile version