Dalam dunia anime terdapat beberapa benda yang kemudian dianggap paling ikonik yang sudah jadi identitas dari anime tersebut. Sebuah series anime tidak jarang mnejadi sangat ikonik karena berbagai macam hal. Ada yang dikenal karena alur ceritanya atau dikenal karena berbagai karakter yang muncul dalam ceritanya. Meskipun begitu, tidak jarang juga series anime memiliki sebuah benda yang erat kaitannya dengan series tersebut. Berikut adalah benda paling ikonik di dunia anime.

9Seragam Shohoku

Slam Dunk adalah manga olahraga yang merupakan karya Takehiko Inoue. Manga terlaris ini pertama kali muncul dalam majalah Weekly Shonen Jump pada tahun 1990 dan berakhir pada tahun 1996. Slam Dunk menjadi salah satu manga terlaris sepanjang masa di Jepang. Manganya ini telah terjual lebih dari 126 juta kopi di seluruh dunia dan memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, termasuk Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori umum pada tahun 1994.

Slam Dunk memiliki pengaruh yang besar dalam budaya populer Jepang dan di luar Jepang. Manga ini membantu meningkatkan minat terhadap olahraga basket di Jepang dan bahkan diakui oleh beberapa pemain NBA. Slam Dunk mengikuti kisah Hanamichi Sakuragi, seorang siswa SMA yang awalnya terkenal karena reputasinya sebagai siswa nakal yang sering ditolak oleh perempuan.

Namun, setelah bertemu dengan seorang gadis bernama Haruko Akagi yang menyukai basket, Sakuragi memutuskan untuk mencoba bermain basket demi menarik perhatiannya. Hanamichi seniri merupakan bagian dari tim bola basket Shohoku. Hingga saat ini baik Hanamichi, tim Shohoku, dan tentunya seragam tim Shohoku menjadi hal yang ikonik dari series Slam Dunk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.