Sci-fi atau fiksi ilmiah merupakan salah satu genre film yang paling paling populer dan terdapat beberapa franchise film sci-fi terbaik. Teknologi dan fiksi ilmiah merupakan dua hal yang tidak terlpaskan dalam industri film Hollywood. Hal ini melahirkan banyak sekali film yang masuk genre tersebut, seperti Interstellar. Namun, terdapat beberapa franchise film sci-fi yang dianggap sebagai yang terbaik. Apa saja?

9Planet Of The Apes

Franchise film Planet of the Apes mengahdirkan sebuah twist yang tidak biasa dalam genre sci-fi. Inilah yang kemudian membuat filmnya dianggap sebagai salah satu franchise sci-fi terbaik. Mungkin banyak yang tidak menduga jika franchise ini sebenarnya sudah ada sejak era akhir 1960an. Disutradarai oleh Franklin J. Schaffner, Planet of The Apes merupakan film yang diadaptasi dari buku milik penulis asal Perancis, Pierrel Boulle.

Film pertama dari Planet of The Apes bersetting di tahun 3978 dan berfokus pada sebuah kelompok astronot manusia yang tidak sengaja mendarat darurat di sebuah planet. Mereka terkejut ketika mengetahui jika peradaban dan masyarakat yang ada di planet itu merupakan kera atau primata dengan kecerdasan yang sangat mirip dengan umat manusia. Kesuksesan dari Planet of The Apes kemudian melahirkan empat film sekuel lainnya.

Selain itu, franchise ini juga sempat menghadirkan film remake yang dibuat oleh Tim Burton pada 2001. Satu hal yang kemudian menjadi alasan mengapa kemudian franchise ini menjadi salah satu yang terbaik adalah fimnya tidak melulu menghadirkan elemen tentang luar angkasa atau semacamnya. Namun, filmnya juga menghadirkan elemen evolusi atau perubahan. Juga, masing-masing film memiliki nilai dan pesan yang berbeda yang membuat franchise ini menjadi salah satu yang terbaik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.