Kemunculan robot kuno di arc Egghead memunculkan spekulasi baru bahwa ada sumber kekuatan paling dahsyat selain Haki. Chapter 1119 dari manga One Piece memang menjadi sebuah chapter yang luar biasa. Namun, selain menghadirkan alur cerita yang menarik ada juga hal lain yang memunculan spekulasi di kalangan fans. Dalam hal ini, di dunia One Piece kemungkinan ada sumber kekuatan paling dahsyat selain Haki.

3Sumber Kekuatan Di Dunia One Piece

Dalam alur cerita One Piece ada beberapa sumber kekuatan yang luar biasa dahsyat yang membuat para karakter di dalamnya mampu menghadapi berbagai ancaman. Sumber kekuatan tersebut tentunya menjadi menjadi cara untuk menghancurkan para lawan-lawan mereka. Diketahui ada dua sumber kekuatan dahsyat yang biasanya digunakan oleh mayoritas karakter yaitu buah iblis dan Haki.

Buah iblis merupakan sebuah item unik dan cukup langka. Buah iblis selalu menjadi salah satu pusat perhatian para fans mengingat ini merupakan salah satu elemen penting dalam ceritanya. Buah misterius ini diketahui bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Hingga sekarang masih menjadi misteri mengenai asal-usul buah iblis, namun banyak orang yang telah menggunakan buah iblis agar menjadi lebih kuat.

Buah iblis terbagi menjadi beberapa tipe, seperti Paramecia, Logia dan Zoan. Ketiga tipe tersebut memberikan jenis kekuatan yang berbeda. Efek samping dari buah iblis adalah penggunanya tidak bisa terkena air laut atau tidak bisa berenang di laut. Selain laut, pengguna buah iblis juga akan lemah jika melawan batu laut. Itulah sebabnya batu-batu laut tersebar cukup banyak di penjara Impel Down. Agar para tahanan yang memiliki buah iblis tidak bisa menggunakan kekuatannya di Impel Down.

Setelah sempat menjadi misteri, Oda mulai memberikan petunjuk mengenai asal-usul buah iblis. Dalam chapter sebelumnya, Vegapunk mengajukan teori bahwa buah iblis tercipta akibat hasrat terbesar daridalam diri manusia. Namun, siapa yang kemudian membuatnya dan bagaimana caranya masih jadi sebuah misteri besar. Dan dalam perkembangannya buah iblis memiliki beberapa cabng seperti Mythical Zoan.

Selain buah iblis, Haki juga jadi salah satu sumber kekuatan terbesar dari para karakter dalam cerita One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Haki sendiri merupakan perwujudan dari kekuatan tekad seseorang. Semakin besar kekuatan tekad orang tersebut, maka semakin kuat juga kekuatan Haki yang bisa dihasilkan. Semua orang bisa menggunakan dan mempelajari Haki.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki haki, namun hanya orang-orang tertentu yang bisa membangkitkannya dengan melalui latihan yang berat dan panjang. Ada beberapa orang yang bisa membangkitkan haki secara tidak sengaja karena berada di situasi tertekan, seperti Luffy yang membangkitkan Haki pertama kali di Perang Besar Marineford. Ada tiga jenis Haki yang muncul dalam ceritanya.

Ketiga jenis Haki tersebut adalah Armament Haki (Haki Senjata), Observation Haki (Haki Pengamatan), dan Conqueror Haki (Haki Penguasa). Setiap orang pada umumnya hanya bisa menguasai satu jenis Haki yang berarti hanya orang-orang terkuat saja yang bisa menguasai ketiganya seperti Kaido, Luffy, Big Mom, dan lain-lain. Setiap jenis haki memiliki kekuatan uniknya masing-masing dan semakin dalam seseorang menguasai haki maka dia akan menjadi semakin kuat. Yang menarik adalah Haki menjadi satu-satunya cara untuk menghadapi pengguna buah iblis. Dan kekuatan Haki bisa dialirkan ke benda atau hal apa pun.

Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.