Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Bukan Haki, Ini Sumber Kekuatan Paling Dahsyat!

One Piece: Bukan Haki, Ini Sumber Kekuatan Paling Dahsyat!

Kemunculan robot kuno di arc Egghead memunculkan spekulasi baru bahwa ada sumber kekuatan paling dahsyat selain Haki. Chapter 1119 dari manga One Piece memang menjadi sebuah chapter yang luar biasa. Namun, selain menghadirkan alur cerita yang menarik ada juga hal lain yang memunculan spekulasi di kalangan fans. Dalam hal ini, di dunia One Piece kemungkinan ada sumber kekuatan paling dahsyat selain Haki.

3 Sumber Kekuatan Di Dunia One Piece

Dalam alur cerita One Piece ada beberapa sumber kekuatan yang luar biasa dahsyat yang membuat para karakter di dalamnya mampu menghadapi berbagai ancaman. Sumber kekuatan tersebut tentunya menjadi menjadi cara untuk menghancurkan para lawan-lawan mereka. Diketahui ada dua sumber kekuatan dahsyat yang biasanya digunakan oleh mayoritas karakter yaitu buah iblis dan Haki.

Buah iblis merupakan sebuah item unik dan cukup langka. Buah iblis selalu menjadi salah satu pusat perhatian para fans mengingat ini merupakan salah satu elemen penting dalam ceritanya. Buah misterius ini diketahui bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Hingga sekarang masih menjadi misteri mengenai asal-usul buah iblis, namun banyak orang yang telah menggunakan buah iblis agar menjadi lebih kuat.

Buah iblis terbagi menjadi beberapa tipe, seperti Paramecia, Logia dan Zoan. Ketiga tipe tersebut memberikan jenis kekuatan yang berbeda. Efek samping dari buah iblis adalah penggunanya tidak bisa terkena air laut atau tidak bisa berenang di laut. Selain laut, pengguna buah iblis juga akan lemah jika melawan batu laut. Itulah sebabnya batu-batu laut tersebar cukup banyak di penjara Impel Down. Agar para tahanan yang memiliki buah iblis tidak bisa menggunakan kekuatannya di Impel Down.

Setelah sempat menjadi misteri, Oda mulai memberikan petunjuk mengenai asal-usul buah iblis. Dalam chapter sebelumnya, Vegapunk mengajukan teori bahwa buah iblis tercipta akibat hasrat terbesar daridalam diri manusia. Namun, siapa yang kemudian membuatnya dan bagaimana caranya masih jadi sebuah misteri besar. Dan dalam perkembangannya buah iblis memiliki beberapa cabng seperti Mythical Zoan.

Selain buah iblis, Haki juga jadi salah satu sumber kekuatan terbesar dari para karakter dalam cerita One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Haki sendiri merupakan perwujudan dari kekuatan tekad seseorang. Semakin besar kekuatan tekad orang tersebut, maka semakin kuat juga kekuatan Haki yang bisa dihasilkan. Semua orang bisa menggunakan dan mempelajari Haki.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki haki, namun hanya orang-orang tertentu yang bisa membangkitkannya dengan melalui latihan yang berat dan panjang. Ada beberapa orang yang bisa membangkitkan haki secara tidak sengaja karena berada di situasi tertekan, seperti Luffy yang membangkitkan Haki pertama kali di Perang Besar Marineford. Ada tiga jenis Haki yang muncul dalam ceritanya.

Ketiga jenis Haki tersebut adalah Armament Haki (Haki Senjata), Observation Haki (Haki Pengamatan), dan Conqueror Haki (Haki Penguasa). Setiap orang pada umumnya hanya bisa menguasai satu jenis Haki yang berarti hanya orang-orang terkuat saja yang bisa menguasai ketiganya seperti Kaido, Luffy, Big Mom, dan lain-lain. Setiap jenis haki memiliki kekuatan uniknya masing-masing dan semakin dalam seseorang menguasai haki maka dia akan menjadi semakin kuat. Yang menarik adalah Haki menjadi satu-satunya cara untuk menghadapi pengguna buah iblis. Dan kekuatan Haki bisa dialirkan ke benda atau hal apa pun.

Ke Halaman 2

2 Energi Kuno Dan Ilmu Pengetahuan

Kekuatan dari energi kuno dan ilmu pengetahuan dalam cerita One Piece nyatanya saling terhubung. Hal ini karena Kerajaan Kuno, yang muncul pada sekitar 900 tahun lalu, merupakan sebuah kerajaan yang sangat maju dan makmur dengan ilmu pengetahuan yang sangat luar biasa. Bahkan, saking majunya ilmu pengetahuan mereka bahkan Vegapunk, yang notabene sosok paling cerdas dan visioner, tidakmemahami penuh tentang hal tersebut.

Hal tersebut seolah menunjukan bahwa ilmu pengetahuan yang sudah ada sejak 900 tahun lalu tersebut benar-benar diluar dari jangkauan kecerdasan manusia di masa depan. Sehingga, Vegapunk sekalipun setra semua orang yang ada di timeline utama saat ini di cerita One Piece tidak mampu memenuhi sepenuhnya semua teknologi tersebut. Ini jadi gambaran seberapa dahsyat Kerajaan Kuno dahulu.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya bukan jadi sebuah kejutan besar jika kemudian energi kuno dan teknologi yang digunakan para orang-orang di Kerajaan Kuno dahulu jauh lebih superior atau jauh lebih maju daripada sumber kekuatan yang sudah pernah kita lihat sejauh ini. Salah satu contoh dari hal ini adalah Mother Flame yang baru saja diperkenalkan dalam ceritanya.

Geeks tentunya sudah melihat dan mengetahui seberapa dahsyat Mother Flame di mana senjata ini mampu untuk menghancurkan sebuah pulau dalam sekejap. Selain digunakan sebagai senjata, seperti yang World Government lakukan, tentunya energi kuno tersebut bisa digunakan untuk kebaikan. Ini juga yang kemudian sedang Vegapunk usahakan sebelum kemudian dia tewas.

Di chapter sebelumnya, Vegapunk mengaku bahwa dia ingin menciptakan dan menyediakan sumber energi bersih dan abadi bagi seluruh manusia untuk bisa mereka gunakan. Selain Mother Flame, ada hal lain yang diketahui menggunakan energi kuno sebagai sumber tenaganya. Hal lain tersebut adalah robot kuno yang sempat terbengkalai di pulau Egghead.

Dalam ceritanya dijelaskan jika Iron Giant atau robot kuno raksasa tersebut memiliki sumber tenaga yaitu energi kuno. Inilah yang membuat Vegapunk tidak mampu menghidupkan kembali robot kuno tersebut. Bagaimana kemudian energi kuno bisa menggerakan sebuah robot kuno dan memerintahkan benda tersebut sesuai dengan keinginan kita jadi gambaran lain dari kedahsyatan energi kuno.

Ke Halaman 3

1 Kedahsyatan Sumber Energi Kuno

Sebagian fans tentunya tidak terlalu menganggap serius atau meremehkan apa yang bisa dilakukan oleh energi kuno. Namun, chapter 1119 memberikan sedikit gambaran dari hal tersebut. Dalam chapter tersebut salah satu Gorosei, Saint Warcury, nampak terburu-buru untuk menghancurkan kapal dari kelompok bajak laut New Giants. Namun, dia hampir saja berhasil melakukan hal tersebut.

Kejutan muncul di mana robot kuno, yang ternyata memiliki nama Emeth, melompat dari dalam air dan langsung menghajar Warcury. Efek dari serangan tersebut adalah taring dari bentuk Yokai Warcury pun hancur. Hal ini menjadi bukti seberapa dahsyat kekuatan dari robot kuno dan energi kuno. Padahal, sejak awal pertarungan Gear 5 Luffy tidak mampu melukai para Gorosei.

Chapter 1119 juga seolah memberikan petunjuk bagi peningkatan kekuatan Sanji yang mana karakter ini selalu memiliki koneksi dengan ilmu pengetahuan. Sanji bahkan memiliki julukan sebagai Warrior of Science di masa lalu. Melalui sosok Sanji, Oda berusaha untuk menunjukan bahwa ilmu pengetahuan juga jadi salah satu hal penting di dunia One Piece. Bahkan, keluarganya pun merupakan hasil ilmu pengetahuan tingkat tinggi.

Dengan series One Piece yang sudah memasuki fase terakhir ceritanya, Sanji akan jadi perwakilan dan contoh dari ilmu pengetahuan di dunia One Piece apalagi setelah Vegapunk tewas. Ini artinya Oda kemungkinan memiliki sesuatu yang sudah dipersiapkan untuk Sanji dan kita bisa berharap bahwa akan ada sesuatu yang sangat luar biasa dan epik muncul dari karakternya.

Jadi, berdasarkan apa yang sudah muncul dalam cerita One Piece sejauh ini di arc Egghead bisa disimpulkan bahwa Oda memberikan petunjuk bahwa bukan Haki dan buah Iblis yang menjadi sumber kekuatan paling kuat di dunia One Piece. Ada sumber kekuatan lain yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh Haki bahkan buah iblis. Dan sumber kekuatan lain tersebut adalah energi kuno dan juga ilmu pengetahuan. Kita nantikan saja ya Geeks pembahasan lebih lanjut dari hal ini pada chapter mendatang.

Exit mobile version