Industri anime mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun mungkin tidak banyak Geeks yang tahu tentang anime pertama dalam sejarah. Meskipun pada awalnya perkembangan anime di dunia sangat terbatas, tetapi dalam beberapa dekade belakangan anime menjadi sesuatu yang sangat masif mungkin banyak dari Geeks yang mungkin belum tahu berbagai Anime yang pertama dalam sejarah. Apa saja?

10Namakura Gatana – 1917

Anime pertama dalam sejarah yang pertama adalah Namakura Gatana atau The Dull Sword. Ini merupakan series anime yang dianggap pertama muncul dan diproduksi sepanjang sejarah di mana series animenya rilis di tahun 1917. Sebenarnya, ada juga judul anime lainnya yang rilis di tahun yang sama atau dirilis sebelum Namakura Gatana. Namun, Namakura Gatana yang dianggap masih memiliki data lengkap.

Series anime ini dibuat oleh Junichi Kouchi. Sebenarnya, Namakura Gatana juga sempat hilang datanya sampai kemudian seorang pegawai di sebuah toko antik dan barang bekas di Osaka menemukan salinan dari harta karun ini pada 2008 lalu. Animenya sendiri berdurasi sekitar 4 menit dan tidak memiliki suara atau bisu. Alur ceritanya sendiri sangat sederhana di mana seorang ronin membeli sebuah pedang yang tumpul. Namakura Gatana berhasil menghadirkan alur cerita yang efektif di mana kegagalan demi kegagalan terus dihadirkan dalam ceritanya. Dan ini yang kemudian jadi elemen komedi di anime tersebut.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.