Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Captain America Di MCU!

5 Captain America Di MCU!

MCU sudah menghadirkan beberapa karakter yang pernah menggunakan titel dari superhero ikonik Marvel yaitu Captain America. Meskipun Iron Man menjadi superhero yang membangun landasan dari Marvel Cinematic Universe atau MCU, namun karakter lainnya juga ikut membantu membangun jagat sinematik ini. Salah satunya adalah Captain America. Namun, yang menarik adalah dalam sejarah MCU ada beberapa karakter yang pernah gunakan titel Captain America. Siapa saja?

5 Steve Rogers

Karkater yang pernah gunakan titel Captain America di MCU yang pertama adalah Steve Rogers. Hal ini rasanya sudah jadi rahasia umum karena memang hal ini diperlihatkan dalam film Captain America: The First Avengers. Seperti yang diperlihatkan dalam filmnya, pihak militer Amerika menghadirkan sebuah program khusus untuk menyuntikan Serum Super Soldier kepada sosok tentara terpilih.

Dari sekian banyak tentara yang melamar, sosok Steve Rogers akhirnya terpilih untuk menjadi subyek uji coba serum Super Soldier pertama buatan Albert Erskine tersebut. Dan di filmnya pun diperlihatkan bagaimana eksperimen ini berhasil. Tubuh Steve Rogers yang awalnya kurus berubah menjadi sangat berotot dan tubuhnya pun membesar. Selain itu, serum etrsebut yang memberikan semua kelebihan di tubuh Steve.

Misalnya, dia mampu bergerak dengan sangat lincah, memiliki stamina luar biasa, mampuuntuk bertarung lebih kuat, dan tentunya adalah yang paling mencolok adalah bagaimana Steve Rogers bisa hidup abadi. Di MCU sendiri sosok Steve Rogers benar-benar sudah sangat melekat citranya sebagai sosok di balik titel Captain America. Namun, dia kemudian memutuskan untuk pensiun.

4 Isaiah Bradley

Setelah Steve Rogers, sebenarnya secara kronologis di MCU karakter yang menggunakan titel Captain America selanjutnya adalah Isaiah Bradley. Fakta ini terungkap dalam series The Falcon and The Winter Soldier ketika Sam Wilson mengunjungi Isaiah Bradley di rumahnya. Dalam penjelasannya, pasca Steve menghilang saat Perang Dunia II pihak militer pun menunjuk tentara lain untuk program Super Soldier.

Isaiah merupakan salah satunya yang mana berbeda dengan Steve Rogers, dia justru dikirim ke medan pertempuran lainnya yaitu Perang Korea. Namun, meskipun Bradley menjadi sosok Captain America nasib yang dia alami justru berbeda dengan Steve. Alasan rasialisme menjadi faktor utama mengapa kemudian Bradley dilupakan sebagai sosok yang pernah menggunakan titel Captain America.

Dalam hal ini, Captain America identik dengan sosok kulit putih seperti Steve Rogers. Namun, ketika pihak militer menunjuk Isaiah Bradley pihak pemerintah Amerika sendiri sebenarnya kurang senang akan hal tersebut. Inilah yang kemudian membuat dia kemudian terlupakan dan sengaja dilupakan oleh pihak pemerintah Amerika terlepas dari jasanya yang besar saat perang tersebut.

3 Jonathan Walker

Selain fakta tentang Isaiah Bradley, dalam series The Falcon and The Winter Soldier juga menghadirkan momen karakter lain menggunakan titel Captain America yaitu Jonathan Walker. Pasca Steve Rogers menyerahkan titel dan tameng Captain America kepada Sam, yang terjadi justru Sam mengembalikan hal tersebut kepada pemerintah Amerika karena dia merasa tidak layak untuk hal tersebut.

Inilah yang kemudian membuat pemerintah Amerika kemudian menunjuk sosok baru untuk titel Captain America yang tidak lain adalah Jonathan Walker. Meskipun penampilan perdananya di depan publik cukup mengesankan, mengingat dia adalah salah satu prajurit Amerika terbaik, namun dia menyadari adanya beberapa kekurangan dalam dirinya. Yang pertama adalah dia tidak bisa mengendalikan emosi atau amarah.

Yang kedua adalah dia sadar level kekuatannya tidak sebanding dengan Steve Rogers. Inilah alasannya mengapa John Walker kemudian mengincar serum Super Soldier. Namun, karena sifat dan perilaku itulah yang membuat dia jadi sosok Captain America yang agresif. Akhirnya, pihak pemerintah America sendiri memutuskan untuk mencabut titel tersebut dari tangan John Walker. Di sisi lain, John Walker sendiri kemudian menggunakan nama lain yaitu U.S. Agent dan bergabung dengan Thunderbolts besutan Val.

2 Sam Wilson

Setelah menyerahkan tameng dan titel Captain America kepada pihak pemerintah Sam menyadari bahwa itu bukan merupakan tindakan yang tepat. Meskipun sempat diberikan kepada John Walker, Sam pun kemudian memutuskan untuk merebut kembali apa yang Steve berikan kepadanya. Dia pun akhirnya menerima takdirnya sebagai sosok Captain America yang baru sesuai dengan versinya sendiri.

Kemunculan Sam Wilson sebagai Captain America yang baru memang baru akan terjadi dalam film Captain America: Brave New World. Namun, dari apa yang kita ketahui sejauh ini terutama dalam trailernya bisa ditarik kesimpulan bahwa Sam kembali mengulang apa yang terjadi pada masa lalu. Dalam hal ini trailernya memperlihatkan bagaimana Sam Wilson berkonflik dengan sang presiden yaitu Thaddeus Ross.

Ross nampak tidak setuju dan kurang senang dengan Sam Wilson yang menjadi Captain America yang baru. Masih belum diketahui sebenarnya apa alasan pasti konflik tersebut, namun besar kemungkinan konflik tersebut sama seperti yang terjadi kepada Isaiah Bradley. Namun, berbeda dengan Bradley, Sam memutuskan untuk melakukan perlawanan dan tetap dengan pendiriannya sebagai Captain America. Filmnya sendiri akan rilis pada 2025 mendatang.

1 Captain Carter

Karakter di MCU yang pernah menggunakan titel Captain America yang terakhir tidak lain adalah Captain Carter. Sebenarnya, pada awalnya, Captain Carter merupakan sebuah karakter yang muncul dalam universe alternatif. Karakternya sendiri muncul perdana dalam series What If…? season perdana. Dalam series tersebut diperlihatkan bagaimana jika yang mendapatkan serum Super Soldier tersebut adalah Peggy Carter dan bukan Steve Rogers.

Inilah yang kemudian menjadi awal kemunculan karakter dari Captain Carter di mana desain dari tamengnya sendiri nampak berbeda. Dalam hal ini, tamengnya tidak berbentuk lambang bendera Amerika melainkan lambang bendera Inggris. Kejutan kemudian muncul dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, di mana dalam filmnya diperlihakan Strange terdampar di Earth-838.

Yang menarik adalah di universe tersebut tidak ada Avengers sebagai pelindung alam semesta melainkan sebuah kelompok yang bernama Illuminati. Salah satu karakter yang jadi anggota Illuminati sendiri adalah Captain Carter yang diperankan oleh Hayley Atwell.  Sayangnya, kemunculan Captain Carter di MCU, khususnya di Earth-838 tidak berlangsung lama setelah Wanda menghabisi seluruh Illuminati.

Captain America masih akan terus menjadi salah satu karakter ikonik baik di komiknya ataupun di MCU. Pasca mundurnya Robert Downey Jr. untuk berperan sebagai Tony Stark dan Chris Evans sebagai Steve Rogers, karakter Captain America sedikit lebih “beruntung” karena bisa mewariskan titel tersebut kepada karakter lain.

Exit mobile version