Shanks merupakan pengguna kekuatan Haki paling kuat dalam cerita One Piece dan ada beberapa kedahsyatan dari Haki milik Shanks. Haki menjadi salah satu sumber kekuatan utama dalam cerita One Piece. Ada banyak karakter yang sudah berhasil membangkitkan kemampuan Haki mereka. Namun, tidak semuanya berhasil untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Shanks merupakan karakter yang berhasil meningkatkan kemampuan Haki yang dia miliki. Berikut adalah beberapa kedahsyatan Haki milik Shanks.

5Mampu Kalahkan Ratusan Ribu Orang

Kedahsyatan Haki milik Shanks yang pertama adalah dia mampu menumbangkan ratusan ribu orang dalam satu serangan. Sejak awal kemunculannya, sosok Shanks memang sudah memperlihatkan tanda-tanda jika dia bukan sosok biasa. Shanks adalah sosok yang menolong Luffy saat seekor monster Sea King hendak memakannya. Dalam kejadian tersebut Shanks memutuskan untuk mengorbankan tangan bagian kirinya untuk dimakan sang monster.

Petunjuk pertama level kekuatan Haki Shanks sempat dikonfirmasi oleh Eiichiro Oda sendiri dalam kolom SBS. Dalam kolom SBS Volume 65, seorang fans bertanya mengenai berapa jumlah orang yang mampu Shanks taklukan (dengan menggunakan Haki) ketika dia berada di posisi Luffy saat menghadapi pasukan Hody Jones dalam arc manusia ikan. Kemudian, Oda sendiri menjawab jika Shanks berada di situasi yang sama maka dia akan mampu menaklukan dua kali lipat dari jumlah Luffy.

Dalam ceritanya sendiri Luffy diperlihatkan mampu menaklukan 50.000 pasukan Hody Jones dengan menggunakan Conqueror Haki miliknya. Artinya, jika Shanks mampu menaklukan dua kali lipat dari Luffy maka dia mampu menaklukan 100.000 orang dengan menggunakan Conqueror Haki. Meskipun begitu, Oda kemudian menegaskan bahwa situasi tersebut akan berbeda jika ada orang-orang yang memiliki tekad yang kuat di kelompok tersebut.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.