Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 5 Kedahsyatan Haki Milik Shanks!

One Piece: 5 Kedahsyatan Haki Milik Shanks!

Shanks merupakan pengguna kekuatan Haki paling kuat dalam cerita One Piece dan ada beberapa kedahsyatan dari Haki milik Shanks. Haki menjadi salah satu sumber kekuatan utama dalam cerita One Piece. Ada banyak karakter yang sudah berhasil membangkitkan kemampuan Haki mereka. Namun, tidak semuanya berhasil untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Shanks merupakan karakter yang berhasil meningkatkan kemampuan Haki yang dia miliki. Berikut adalah beberapa kedahsyatan Haki milik Shanks.

5 Mampu Kalahkan Ratusan Ribu Orang

Kedahsyatan Haki milik Shanks yang pertama adalah dia mampu menumbangkan ratusan ribu orang dalam satu serangan. Sejak awal kemunculannya, sosok Shanks memang sudah memperlihatkan tanda-tanda jika dia bukan sosok biasa. Shanks adalah sosok yang menolong Luffy saat seekor monster Sea King hendak memakannya. Dalam kejadian tersebut Shanks memutuskan untuk mengorbankan tangan bagian kirinya untuk dimakan sang monster.

Petunjuk pertama level kekuatan Haki Shanks sempat dikonfirmasi oleh Eiichiro Oda sendiri dalam kolom SBS. Dalam kolom SBS Volume 65, seorang fans bertanya mengenai berapa jumlah orang yang mampu Shanks taklukan (dengan menggunakan Haki) ketika dia berada di posisi Luffy saat menghadapi pasukan Hody Jones dalam arc manusia ikan. Kemudian, Oda sendiri menjawab jika Shanks berada di situasi yang sama maka dia akan mampu menaklukan dua kali lipat dari jumlah Luffy.

Dalam ceritanya sendiri Luffy diperlihatkan mampu menaklukan 50.000 pasukan Hody Jones dengan menggunakan Conqueror Haki miliknya. Artinya, jika Shanks mampu menaklukan dua kali lipat dari Luffy maka dia mampu menaklukan 100.000 orang dengan menggunakan Conqueror Haki. Meskipun begitu, Oda kemudian menegaskan bahwa situasi tersebut akan berbeda jika ada orang-orang yang memiliki tekad yang kuat di kelompok tersebut.

4 Mampu Berefek Kepada Benda

Salah satu kedahsyatan dari Haki milik Shanks yang Oda perlihatkan di awal cerita adalah bagaimana kemampuan miliknya tersebut bisa berpengaruh kepada benda. Saat itu, Shanks hendak bertemu dengan Whitebeard di kapal Moby Dick. Tujuannya adalah membahas perihal Blackbeard dan Ace, di mana Shanks meminta Whitebeard untuk menarik kembali Ace.

Ketika kemudian Shanks tiba di kapal Moby Dick dia menggunakan kemampuan Conqueror Haki miliknya. Yang menarik adalah ketika Shanks menggunakan kemampuan Haki miliknya beberapa bagian kapal dari Moby Dick sempat berdecit dan bergerak bahkam menimbulkan retakan di dinding kapal. Ada dua hal yang kemudian muncul dari momen atau peristiwa ini.

Yang pertama adalah hal ini menunjukan seberapa dahsyat level kekuatan Haki dari Shanks. Dan yang kedua adalah ini menjadi momen yang sangat langka terkait kemampuan Haki. Dalam cerita One Piece, ini menjadi satu-satunya momen yang memperlihatkan bagaimana kekuatan Haki mampu memengaruhi benda. Hampir tidak ada karakter lain yang mampu melakukan hal ini.

3 Mampu Menumbangkan Kru Yonko

Maish berkaitan dengan kemampuan Haki Shanks di kapal Moby Dick milik Whitebeard, selain merusak bagian dinding dari kapal tersebut Haki milik Shanks terbukti mampu menumbangkan krunya. Dalam momen tersebut nampak bagaimana Shanks menggunakan Conqueror Haki untuk melakukan intimidasi terhadap para kru Whitebeard. Mayoritas kru Whitebeard pun akhirnya tumbang.

Meskipun level kekuatan dari para kru tersebut memang tidak lebih kuat dari para ketua divisi, namun yang patut dicatat adalah mereka merupakan kru dari seorang Yonko. Kemudian, mereka juga pernah berpetualang di New World yang artinya kemampuan dan kekuatan mereka tidak bisa dianggap remeh. Namun, kemampuan Haki Shanks nampak mampu merobohkan mereka semua.

Bahkan, jika Geeks perhatikan, beberapa ketua divisi dari kru Whitebeard nampak canggung dan gugup ketika melihat sosok Shanks. Mereka pun bahkan mengakui kemampuan Haki dari Shanks dengan menyebutkan “hawa semangat yang sangat luar biasa.” Ini jadi bukti lain seberapa dahsyat kemampuan dari Haki milik Shanks dalam alur cerita One Piece.

2 Mampu Menumbangkan Admiral

Perdebatan mana yang lebih kuat antara Yonko atau admiral memang sudah terjadi sejak lama di kalangan fans One Piece. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan. Posisi admiral merupakan jabatan tertinggi di angkatan laut, di mana posisi mereka berada di bawah Fleet Admiral. Para admiral tersebut adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di angkatan laut dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat.

Para admiral juga merupakan orang-orang terpilih di mana hanya mereka yang dianggap kuat di angkatan laut yang bisa mengisi posisi tersebut. Bahkan, para Gorosei sendiri yang menunjuk langsung siapa orang atau kandidat para admiral tersebut. Dengan semua kelebihan dan kedahsyatan kekuatan mereka, wajar jika kemudian para admiral menjadi sosok yang mengerikan.

Namun, nyatanya, kemampuan admiral tidak lebih kuat dari Shanks. Hal ini diperlihatkan ketika admiral Green Bull merasa kesakitan dengan Haki milik Shanks. Memang, kita masih belum tahu seberapa dahsyat kemampuan Haki dari para admiral lain. Namun, momen di akhir arc Wano ini bisa jadi bukti bahwa level kekuatan admiral ada di bawah Yonko. Juga, level kekuatan Haki dari Shanks jauh lebih dahsyat dari seorang admiral sekalipun.

1 Bisa Digunakan Dari Jarak Jauh

Kedahsyatan dari Haki Shanks yang terakhir adalah bagaimana dia bisa menggunakan kemampuan Haki dan dilepaskan atau digunakan dari jarak jauh. Di sepanjang alur cerita One Piece, Oda Sensei selalu memperlihatkan bagaimana Haki digunakan dari jarak dekat. Dalam artian para penggunanya ada di dekat korban atau targetnya. Namun, hal ini berbeda ketika Shanks muncul di Wano.

Ketika Shanks menyerang admiral Green Bull dengan Conqueror Haki miliknya, yang menarik adalah sebenarnya jarak antara Shanks dan sang admiral sebenarnya sangat jauh. Admiral Green Bull berada di dekat Kota Bunga. Sedangkan, Shanks dan kelompok bajak lautnya berada di pelabuhan Wano. Ketika Conqueror Haki milik Shanks mencapai Green Bull nampak langit hitam dan petir muncul di atas sang admiral.

Seperti halnya momen Shanks menggunakan Haki miliknya untuk merusak kapal Moby Dick, ini pertama kalinya Oda memperlihatkan kedahsyatan Haki di level yang berbeda. Sejauh ini, tidak ada karakter One Piece lainnya yang mampu untuk melakukan hal yang Shanks lakukan tersebut. Bahkan, Rayleigh sekalipun tidak pernah diperlihatkan menggunakan kemampuan Haki sedahsyat Shanks.

Shanks merupakan salah satu Yonko dalam cerita One Piece yang mana karakternya memiliki peranan besar di series karya Eiichiro Oda ini. Shanks terkenal sebagai karakter yang memiliki kemampuan Haki paling dahsyat. Dan melihat berbagai kedahsyatan Haki dari Shanks di atas rasanya memang masuk akal jika julukan tersebut disematkan kepada karakternya.

Exit mobile version